Apa itu sengon.??

Manfaat Sengon

sengon adalah kayu yang memiliki permukaan yang licin dan hampir licin dan mengkilap dengan tekstur yang agak kasar dan merata kayu sengon termasuk ke dalam kayu ringan sengon memiliki berat sekita 0,33 kayu ini cukup mudah di awetkan (keterawetan sedang dan mudah pula dikeringkan, mesikipun pada kayu yang seratnya tidak lurus mudah terjadi pencekungan dan pemilinan 

Deskripsi Tanaman sengon Secara umum
     pohon berukuran sedang sampai besar, tinggi dapat mencapai 40 m, tinggi batang bebas cabang 20m. tidak berbanir kulit licin, berwarna kelabu muda, bulat agak lurus. diameter pohon bisa mencapai 100 cm atau lebih berat jenis kayu termasuk kelas awet IV-V. bunga tanaman sengon tersusun dalam bentuk malai berukuran sekitar 0,5 - 1 cm, berwarna putih kekuning-kuningan dan sedikit berbulu setiap kuntum bungan jantan dan bungan betina dengan cara penyerbukan yang dibantu oleh angin dan serangga. 
     sengon memiliki akar tunggang yang cukup kuat menembus kedalam tanah, akar rambutnya tidak terlalu besar tidak rimbun dan tidak menonjol kepermukaan tanah akar rambutnya berfungsi tipis, untuk menyimpan zat nitrogen oleh karna itu tanah disekitar pohon sengon subur. buah sengon berbentuk poloh, pipih, tipis, lurus dan tidak berserat-serat. buah sengon awktu muda berwarna hijau berubah menjadi kuning sampai coklat setelah dimasak, panjang buah sengon 6 - 12 cm. setiap polong buah berisi 15 - 30 biji bentuk biji mirip prisai kecil dan jika sudah tua biji akan berwarna coklat kehitaman , agak keras dan berlilin. benih sangon berbentuk pipij, lonjong 3 - 4 x 6 - 7 mm, berwarna hijau bagian tengah coklat, jumlah benih sekitar 40.000 butir/kg dengan daya berkecambah rata-rata 80%.  berat 1.000 butir kurang lebih sekitar 16 - 26. dan biji sengon juga bermanfaat untuk pengobatan seperti:
  • tekanan darah tinggi
  • kolestrol 
  • asam urat



Tag : info guru
0 Komentar untuk "Apa itu sengon.??"

Back To Top