PRENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD Negeri
Cembeh
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : III A /
1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (2x35 menit)
A. Standar Kompetensi
2. Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerjasama disekitar rumah dan sekolah
B. Kompetensi Dasar
2.1 Memebuat denah dan peta lingkungan rumah dansekolah
C. Indikator
1.1.1
Menyebutkan arah
mata angin
1.1.2
Membuat denah sekolah
dengan menggunakan arah mata angin
1.1.3
Menjelaskan
denah lingkungan sekolah
1.1.4
menyebutkan
manfaat denah dan peta lingkungan sekolah
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
tanya jawab denah siswa dapat menyebutkan arah mata angin
2.
Melalui
pengamatan siswa dapat membuat denah sekolah
dengan jelas dan tepat dengan menggunakan arah mata angin.
3.
Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan denah lingkungan
sekolah.
4.
Melalui
penjelasan guru siswa dapat menyebutkan manfaat denah lingkungan sekolah.
E. Karakter Yang diharapkan
1.
Disiplin
2.
Teliti
3.
Rasa
ingin tahu
F. Materi Pokok
Denah lingkungan
sekolah
G. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi
1. Guru mempersiapkan bahan sumber dan media pembelajaran
2. Guru mengucapkan salam
3. Guru mengajak siswa berdoa bersama dan dipimpin oleh ketua kelas
4. Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa
5. Guru mengabsen siswa
6. Guru memberikan apersepsi dengan
mengaitkan materi dengan masalah kehidupan sehari – hari. Contoh ada yang tau dimana letak
ruang guru, musholla, dan kantin ?
7. Guru dan
siswa bernyanyi tentang “Arah Mata Angin” Guru menggali informasi dari apersepsi.
8. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
B. Kegiatan
Inti (30 menit)
Eksplorasi
9. siswa mengamati media yang ditampilkan oleh guru berupa miniatur
denah sekolah
10. siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang ada apa saja didalam
media miniatur sekolah.
11. Guru memperkenalkan arah
mata angina dengan bernyanyi bersama
12. Siswa menyebutkan arah
mata angina.
Elaborasi
13. Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok.kecil secara heterogen
14. Siswa mendiskusikan LKS yang diberikan oleh guru
15. Siswa melakukan kegiatan dilingkungan sekolah/diluar kelas
16. Siswa mengamati (observasi) di sekitar lingkungan sekolah.
17. Guru mendampingi
memantau selama melakukan kegiatan pengamatan (observasi) dan melihat perkembangan
belajar serta membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas observasi.
18. Siswa membuat denah
dilingkungan sekolah
19. Siswa mempresentasikan
hasil diskusinya
20. Siswa menjelaskan denah lingkungan sekolah dengan memberi lokasi
21. Siswa meceritakan denah lingkungan sekolah dengan menggunakan
bahasa yang sederhana.
Konfirmasi
22. Siswa dan guru membahas
hasil diskusi kelompok.
23. Guru meluruskan kesalah
pahaman siswa.
24. Guru memberikan
umpan balik kepada siswa terkait dengan materi yang dipelajarinya.
25. Siswa diberi
kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
26. Guru memberikan soal
latihan terkait materi yang telah dipelajari
27. Guru menilai tugas siswa
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
28. Guru dan siswa membuat kesimpulan pembelajaran mengenai meteri
yang telah dipelajari
29.
Guru
mengajak semua siswa berdoa sama-sama untuk mengakhiri pembelajaran hari ini
dan yang dipimpin oleh ketua kelas
H. Media/ Sumber Belajar
1.
Miniatur
denah
2.
Lingkungan
sekolah
3.
Buku
IPS Kelas III, Semester 1. Paramita Indriani, dkk. Penerbit YUDHISTIRA: 2008
I. Metode pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi kelompok
3. Tanya jawab
4. Pengamatan
5. Penugasan
J. Model pembelajaran
Contextual Teaching Learning (CTL)
K. Penilaian
a. Teknik
Penilaian
1.
Tes Tulis berupa
soal
2.
LKS kelompok
b. Skor Penilaian Individu
1.
Setiap
jawaban benar mendapat nilai = 10
2.
Nilai
maksimal = 100
Skor = jumlah skor yang
diperoleh x 100 %
Jumlah skor
maksimal
c.
Penilaian Kelompok
Nama
Kelompok
|
Nama Siswa
|
Diskusi Kelompok
|
Presentasi Kelompok
|
Nilai
|
Jeruk
|
|
|
|
A
|
Apel
|
|
|
|
C
|
Leci
|
|
|
|
B
|
Ket :
A : Baik sekali
B : Baik
C : Kurang
Soal !
Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar !
1.
Sekolahku terdiri dari….. ruang
kelas
2.
Sebutkan arah mata angin yang kamu
ketahui....
3.
Manfaat denah adalah memudahkan….
4.
Jika kamu menghadap utara, maka belakangmu
menunjuk arah…
5.
Ruang musolah, kantin, kelas dan
kantor guru adalah bagian dari…
Kunci Jawaban
1.
9 ruang kelas
2.
Utara, selatan, barat, timur
3.
Mencari lokasi
4.
Selatan
5.
Denah
Guru Pamong
HELMIYATI, S.Pd
NIP.197004251991032002
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
ETI SUHESTI, M.Pd
NIP.
196803251991032010
|
Ciruas, 17 Oktober 2017
Guru Praktikan
I’ANAHTUL WAFA
NIM: 2227142353
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Nama
Kelompok : 1.
2.
3.
Kelas :
Hari/tanggal :
Petunjuk
- Lakukan
pengamatan diluar sekolah!
- Gambar
denah sekolah dengan tepat dan benar!
- Kerjakan
bersama teman sekelompok mu!
Tag :
Download rpp ktsp
1 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP IPS KTSP KELAS 3 SD "
mohon ijin save dan terimakasih sangat membantu..