PRENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD Negeri
Cembeh
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : III A /
1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (2x35 menit)
A. Standar Kompetensi
4. Melakukan
operasi hitung bilangan sampai tiga angka
B. Kompetensi Dasar
4.1
Melakukan
perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
C. Indikator
4.1.1 Memahami
pengertian perkalian
4.1.2. Melakukan perkalian yang menghasilkan bilangan tiga
angka
4.1.3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perkalian
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui Tanya jawab siswa dapat memahami pengertian perkalian
2. Melalu penjelasan yang guru lakukan siswa dapat melakukan
perkalian yang menghasilkan tiga angka
3. Melalui contoh soal siswa dapat menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perkalian
E. Karakter Yang diharapkan
1.
Tekun
2.
Teliti
3.
Rasa
Ingin Tahu
4.
Pantang
menyerah
F. Materi Pokok
Perkalian Bilangan Tiga Angka dengan bilangan satu angka
G. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi
1. Guru merapihkan tempat duduk siswa sebelum pembelajaran dimulai
2. Guru mengucapkan salam
3. Guru mengajak siswa berdoa bersama dan dipimpin oleh ketua kelas
4. Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa
5. Guru mengabsen siswa
6. Guru mengulas kembali
materi yang telah dibahas sebelumnya berkaitan dengan materi
7. Memotivasi siswa dengan menyebutkan perkalian
satu sampe lima setelah itu guru
melakukan tanya jawab tentang penjumlahan dan pengurangan.
8. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
B. Kegiatan
Inti (30 menit)
Eksplorasi
1. Siswa
dikenalkan operasi hitung perkalian menggunakan bantuan uang logam, tutup botol
dan lidi
2. Guru
meminta siswa untuk mempraktikan operasi hitung perkalian dengan menggunakan
uang logam, tutup botol dan lidi
3. Guru
memberi contoh cara penyelesaian perkalian sebagai penjumlahan berulang
4. Guru
menuliskan beberapa latihan soal untuk dikerjakan siswa
5. Guru
menunjuk beberapa siswa mengerjakan soal di papan tulis selanjutnya mencocokkan
bersama-sama
6. Guru
menjelaskan cara perkalian dengan teknik mendatar dan bersusun panjang
7. Guru
menunjuk beberapa siswa mengerjakan soal perkalian di papan tulis
8. Guru
memberikan kesempataqn siswa untuk bertanya materi yang belum dimengerti
Elaborasi
9. Guru memberikan soal kepada siswa tentang perkalian
10. Siswa mengerjakan tugas
yang telah diberikan oleh guru
11. Guru berkeliling
memantau perkembangan belajar dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam
mengerjakan tugas yang diberikan guru
12. Guru menilai tugas siswa.
Konfirmasi
13. Siswa dan guru
bersama-sama membahas soal perkalian yang
diberikan oleh guru
14. Guru meluruskan kesalah
pahaman siswa.
15. Guru memberikan
umpan balik kepada siswa terkait dengan materi yang dipelajarinya.
16. Siswa diberi
kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
17. Guru dan siswa membuat kesimpulan pembelajaran mengenai meteri
yang telah dipelajari.
18.
Guru
mengajak semua siswa berdoa sama-sama untuk mengakhiri pembelajaran hari ini
dan yang dipimpin oleh ketua kelas
H. Sumber Belajar/Media Pembelajaran
1.
Buku
Senang Belajar Matematika Kelas III, Semester 1. Tim Bina Bahasa Penerbit YUDHISTIRA:
2016
2.
Tutup
botol
3.
Lidi
4.
Uang
I. Metode pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Demontrasi
4. Penugasan
J. Penilaian
a. Teknik
Penilaian
1.
Tes Tulis berupa
soal
b. Skor Penilaian
1.
Setiap
jawaban benar mendapat nilai = 10
2.
Nilai
maksimal = 100
Skor = jumlah skor yang
diperoleh x 100 %
Jumlah skor
maksimal
Soal !
Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar !
1.
112 x 3 =
2.
124 x 2 =
3.
126 x 3 =
4.
221 x 3 =
5.
246 x 4 =
Kunci Jawaban
1.
112
3 x
336
1
x 3 = 3
1
x 3 = 3
2 x 3 = 6
jadi, 112 x 3 = 336
2.
124
2 x
248
1 x 2 = 2
2 x 2 = 4
4
x 2 = 8
Jadi, 124 x 2 = 248
1
3.
126
3 x
378
6 x 3 = 18
Ditulis 8
disimpan 1
(2 x 3 ) + simpanan
6 + 1 = 7
1 x 3 = 3
Jadi, 126 x 3 = 378
4.
221
3 x
663
1 x 3 =
3
2
x 3 = 6
2 x 3 = 6
Jadi, 221 x 3 = 663
1 2
5.
246
4 x
984
6 x 4 = 24
Ditulis 4
disimpan 2
(4 x 4
) + simpanan
8 + 2 = 18
Ditulis
8 disimpan 1
(2 x 4) + simpanan
8 + 1 = 9
Jadi, 246 x 4 = 984
Guru Pamong
HELMIYATI, S.Pd
NIP.197004251991032002
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
ETI SUHESTI, M.Pd
NIP.
196803251991032010
|
Serang, 16 Oktober 2017
Guru Praktikan
I’ANAHTUL WAFA
NIM: 2227142353
|
Tag :
Download rpp ktsp
2 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP MATEMATIKA KTSP KELAS 3 SD"
kentod
sib