PRENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Nama Sekolah : SD Negeri
Cembeh
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : III A /
1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (2x35 menit)
A. Standar Kompetensi
2.
Memahami beragam
sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda
bersadarkan sifatnya
B. Kompetensi Dasar
2.1 Mengidentifikasi wujud
benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu.
C. Indikator
2.1.1. Mengetahui
wujud benda (padat, gas, cair)
2.1.2. Menjelaskan
sifat-sifat benda (padat, gas, cair)
2.1.3. Menyebutkan
3 contoh benda (padat, gas, cair)
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab siswa dapat mengetahui wujud benda (padat,
gas, cair)
2. Melalui pengamatan dan diskusi
siswa dapat menjelaskan sifat-siat benda
3. Melalui Tanya jawab siswa dapat Menyebutkan
3 contoh benda (padat, gas, cair)
E. Karakter Yang diharapkan
1.
Disiplin
2.
Teliti
3.
Rasa
ingin tahu
4.
Bertanggung
jawab
5.
sopan
F. Materi Pokok
a.
Wujud
Benda
1. Benda Padat
Benda padat
banyak macamnya. Benda padat dapat berupa baju, jam, kursi panci, sendok, buku
tulis dan lain sebgainya. sifat benda padat adalah memiliki bentuk dan ukuran yang tetap walaupun
dipindahkan ketempat yang lain, velume benda padat juga selalu tetap
2.
Benda Cair
apakah yang
di pakai untuk mandi, minum atau untuk menggoreng ikan?Kita mandi dan
minum menggunakan air . kita menggoreng ikan menggunakan minyak goreng air dan
minyak goreng adalah benda cair benda
cair banyak terdapat di sekitar kita, misalnya kecap, oli , jus buah, bensin,
susu dan minyak wangi.
- Benda Gas
Apakah udara dapat kita rasakan? Ban yang
dipompa secara terus-menerus akan menjadi keras akibat udara dari dalam ban.
Udara tidak kita lihat tetapi dapat kita rasakan. Demikian juga dengan mulut
balon yang terbuka. Kita daoat merasakan embusan udara yang keluar dari mulut
balon tersebut. Benda yang tidak dapat kita lihat, tetapi dapat kita
rasakan itu adalah benda gas. Udara
termasuk benda gas. Benda gas biasanya tidak berwarna. Benda gas ada yang
berbau ada yang tidak berbau. Jadi benda gas bersifat mengisi ruang yang ditempatinya.
Bentuk dan besar benda gas selalu berubah.
G. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi
1. Guru mempersiapkan bahan sumber dan media pembelajaran
2. Guru mengucapkan salam
3. Guru mengajak siswa berdoa bersama dan dipimpin oleh ketua kelas
4. Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa
5. Guru mengabsen siswa
6. Guru memberikan apersepsi dengan
mengaitkan materi dengan masalah kehidupan sehari – hari. Contoh ada yang tau ini bentuk apa ? menunjukan bentuk penghapus papan tulis. Guru menggali informasi
dari apersepsi.
7. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
B. Kegiatan
Inti (30 menit)
Eksplorasi
8. siswa mengamati media yang ditampilkan oleh guru berupa gambar
9. siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang media yang telah
disediakan.
10. Guru menjelaskan materi
wujud benda kepada siswa
Elaborasi
11. Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok.kecil secara heterogen
12. Siswa mendiskusikan LKS yang diberikan oleh guru
13. Siswa mengamati benda-benda yang diberikan oleh guru.
14. Guru mendampingi
memantau selama melakukan kegiatan diskusi dan melihat perkembangan belajar serta
membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam LKS
15. Siswa mengerjakan LKS
16. Siswa mempresentasikan
hasil diskusinya
Konfirmasi
17. Siswa dan guru membahas
hasil diskusi kelompok.
18. Guru meluruskan kesalah
pahaman siswa.
19. Guru memberikan
umpan balik kepada siswa terkait dengan materi yang dipelajarinya.
20. Siswa diberi
kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
21. Guru memberikan soal
latihan terkait materi yang telah dipelajari
22. Guru menilai tugas siswa
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
23. Guru dan siswa membuat kesimpulan pembelajaran mengenai meteri
yang telah dipelajari
24.
Guru
mengajak semua siswa berdoa sama-sama untuk mengakhiri pembelajaran hari ini
dan yang dipimpin oleh ketua kelas
H. Media/ Sumber Belajar
1.
Air,
penghapus, pulpen. balon
2.
Buku
IPA Kelas III, Semester 2. Priyono, dkk.
Penerbit Buku elektronik
I. Metode pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi kelompok
3. Tanya jawab
4. Pengamatan
5. Penugasan
J. Model pembelajaran
Kooperatif tipe STAD
K. Penilaian
a. Teknik Penilaian
1.
Tes Tulis berupa
soal
2.
LKS kelompok
b. Skor Penilaian Individu
1.
Setiap
jawaban benar mendapat nilai = 10
2.
Nilai
maksimal = 100
Skor = jumlah skor yang
diperoleh x 100 %
Jumlah skor
maksimal
c.
Penilaian Kelompok
Nama
Kelompok
|
Nama Siswa
|
Diskusi Kelompok
|
Presentasi Kelompok
|
Nilai
|
Jeruk
|
|
|
|
A
|
Apel
|
|
|
|
C
|
Leci
|
|
|
|
B
|
Ket :
A : Baik sekali
B : Baik
C : Kurang
Soal !
Nama :
Kelas :
Mata
Pelajaran :
Hari / Tanggal :
A.
Berilah tanda silang (x) salah satu huruf a, b, c dan d pada jawaban yang benar !
1.
Benda
cair bentuknya…. Volumenya…
a. Tetap, tetap
b. Berubah, tetap
c. Tetap, berubah
d. Berubah, berubah
2.
Benda
gas mempunyai sifat
a.
Volumenya
tetap sedangkan bentunya berubah-ubah
b.
Volume
dan bentuknya tetap
c.
Volumenya
berubah-ubah sedangkan bentuknya tetap
d.
Volume
dan bentunya berubah-ubah
3.
Perhatikan
gamabar berikut!
Sifat
yang ingin ditunjukan oleh benda gas tersebut
a.
Benda gas berbau
b.
Benda gas tidak menempati
ruang
c.
Benda elpigi
dimasukan dalam tabung
d.
Gas elpigi mahal
4.
Salah satu sifat
benda cair adalah…
a.
Volumenya
berubah
b.
Meresap kedalam
sela-sela terkecil
c.
Berbau
d.
Tidak menempati
wadahnya
5.
Es balok
termasuk kedalam benda yaitu…
a.
Benda cair
b.
Benda gas
c.
Benda padat
d.
Benda gas dan
cair
6.
Kelompok yang
tidak termasuk benda padat adalah
a.
Pensil, sirup,
es batu
b.
Buku, minyak
goring, gelas
c.
Minyak tanah,
sirop, air putih
d.
Seng, kursi,
papan tulis
7.
Benda yang
bentuk dan volumenya selalu tetap adalah…
a.
Benda padat
b.
Benda cair
c.
Benda gas
d.
Benda padat dan
benda cair
8.
Sifat benda
padat adalah….
a.
Tidak dapat menyesuaikan bentuk wadah
(bentuknya tetap)
b. Mengalir dari tempat tinggi ketempat rendah
b. Mengalir dari tempat tinggi ketempat rendah
c.
Dapat berubah
bentuk
d.
Mengisi semua
ruangan
9.
Pulpen yang
dipindahkan dari meja ke kursi adalah..
a.
Bentuknya
berubah
b.
Bentunya seperti
kursi
c.
Bentuknya tetap pulpen
d.
Bentuknya
berubah cair
10.
Gambar
berikut menunjukan bahwa benda gas bersifat….
a. Bentuknya
bulat
b. mengisi
ruangan yang ditempatinya
c. dapat
digenggam
d. tetap
bentuk
KUNCI JAWABAN
1. b
2. d
3. a
4. b
5. c
6. d
7. a
8. a
9. c
10. b
Guru Pamong
HELMIYATI, S.Pd
NIP.197004251991032002
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
ETI SUHESTI, M.Pd
NIP.
196803251991032010
|
Ciruas, 18 Oktober 2017
Guru Praktikan
I’ANAHTUL WAFA
NIM: 2227142353
|
(LKS)
Nama
Kelompok : 1.
2.
3.
4.
Kelas :
Hari/tanggal :
Petunjuk
Ø Amati benda tersebut!
Ø Kerjakan bersama teman sekelompok mu!
No
|
Nama Benda
|
Cair
|
Padat
|
Gas
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
KUNCI
JAWABAN
No
|
Nama Benda
|
Cair
|
Padat
|
Gas
|
1
|
KECAP
|
√
|
|
|
2
|
PENGGARIS
|
|
√
|
|
3
|
BALON
|
|
|
√
|
4
|
PENSIL
|
|
√
|
|
5
|
MINYAK
|
√
|
|
|
Tag :
Download rpp ktsp
0 Komentar untuk "RPP KELAS 3 IPA TENTANG WUJUD BENDA"