DOWNLOAD RPP KELAS 1 SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
        KELAS I

SATUAN  PENDIDIKAN          : SDN  Cembeh
KELAS / SEMESTER                : 1B / 1
TEMA / SUB TEMA                   : 3. Kegiatanku / 1. Kegiatan Pagi Hari 
Pembelajaran                                : 5
ALOKASI WAKTU                    :  5 X 35 Menit

A.Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan anggota keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptahan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan  pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
            KD
B. Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian  pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang laindengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
4.8  Mengucapkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan
pemberian    pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu
      kumpulan obyek.
3.2 Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang
      bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak  anggota kumpulan obyek yang disajikan
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak
      anggota suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat

            INDIKATOR
B. Indonesia
3.8.Menunjukkan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulisan dengan tepat
4.8.1  Menggunakan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulis dengan tepat
Matematika
3.1.2 Membilang secara urut, bilangan 11 sampai dengan 20 dengan bantuan benda   konkret
3.2.2 Mengenal lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat
4.1.2 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan (11 sampai dengan 20)
4.2.2 Menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat
C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.        Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan permintaan tolong yang ada dalam percakapan dengan tepat.
2.        Melalui kegiatan bercakap-cakap siswa mampu memeragakan ungkapan permintaan tolong dengan tepat.
3.        Dengan menggunakan benda-benda konkret/gambar siswa dapat membilang 11 sampai dengan 20 secara urut dengan tepat.
4.        Dengan menggunakan gambar dan kartu bilangan siswa mampu menunjukkan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat.
5.        Dengan menggunakan benda-benda konkret/gambar, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 11 sampai dengan 20 yang ditentukan, dengan tepat.
6.        Dengan menggunakan lembar latihan soal siswa mampu menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat.
D.  MATERI PELAJARAN
1.    Percakapan yang memuat ungkapan permintaan tolong sesuai tema
2.    Menuliskan dan mencocokkan lambang bilangan 11-20 sesuai jumlah benda lewat
permainan dan mengurutkan lambang bilangan
E. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan       : Saintifik, kolaboratif
2.      Metode              : Tanya jawab, Demonstrasi, Kerja kelompok, Diskusi,Peragaan
F. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.      Buku teks
2.      Tayangan berita berupa video /berita radio/artikel dari koran atas lagi]]]]]]]
3.      Kardus bekas
4.      Kartu-kartu bilangan 11 sampai dengan 20



G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pembuka ( 10 menit )
1.    Guru menyapa siswa dan mengkondisikan kelas agar siap untuk belajar
2.    Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3.    Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan  pelajaran yang akan disampaikan.
4.    Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
5.    Siswa menyimak penjelasan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar yang akan dilakukan hari ini
  b. Kegiatan Inti ( 150 menit )
           Ayo Berlatih
6.         Siswa menyimak dulu teks percakapan yang dibacakan oleh guru
7.         Setelah membacakan teks percakapan tersebut guru meminta siswa mencermati ungkapan permintaan tolong yang ada pada percakapan tersebut.
8.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang ciri-ciri ungkapam permintaan tolong serta fungsinya dalam komunikasi sehari-hari.
9.         Lalu beberapa siswa diminta memberi contoh ungkapan permintaan tolong yang biasa  disampaikan, baik dirumah maupun di sekolah.
10.     Setelah siswa memahami ungkapan permintaan tolong, siswa diminta menyusun sendiri ungkapan permintaan tolong. Guru memberi waktu kepada siswa untuk berlatih.
11.     Kemudian guru meminta siswa satu persatu menyampaikan ungkapan permintaan tolongnya didepan kelas .
12.     Guru meminta siswa lain menyimak temannya.
13.     Setelah selesai guru meminta siswa melakukan refleksi kegiatan yang telah mereka lakukan.
Ayo Berlatih
14.     Setelah itu guru mengingat kembali tentang bilangan 11 sampai dengan 20 lewat permainan mengelompokan mengelompokan benda-benda.
15.     Guru menyiapkan 4 buah kardus (kardus kemasan bekas). Di dalam kardus itu guru sudah memasukan 21 sendok plastik, dan 21 garpu plastic, 21 piring kertas, dan 21 gelas plastic. (jumlah kelompok dan jumlah kardus dapat disesuaikan dengan kondisi kelas).
16.     Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok diberi 1 kardus siswa duduk melingkar kardus masing-masing kelompok.
17.     Guru menjelaskan prosedur permainannya yaitu guru akan mengintruksikan kepada masing-masing kelompok untuk mengambil benda yang di dalam kardus sesuai dengan bilangan yang ditentukan guru. Dalam hitungan 3 (atau dengan ditantai bunyi peluit) setiap kelompok akan memulai menghitung benda-benda sesuai permintaan guru. Kelompok yang benar akan mendapat 1 poin. Guru yang mencatat kelompok mana yang paling cepat selesai. Setelah itu guru dapat memberikan soal dari semua bilangan 11 sampai dengan 20)
18.     Setelah permainan siswa menyelesaikan lembar tentang bilangan 11 sampai dengan 20 lambang dan urutannya.
        c. Kegiatan akhir ( 15 menit )
19.     Sebagai penutup siswa diminta melakukan refleksi kegiatan dengan panduan guru.
20.     Siswa diminta memimpin doa.
H. Penilaian Pembelajaran:
Penilaian Sikap: Observasi selama kegiatan (Lihat panduan penilaian sikap)
Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis (dari buku teks)

1.    Menyampaikan ungkapan peminta tolong secara lisan

No
Kriteria




Predikdot
Nama
Struktur kalimat dengan benar, lafal dan ejaan tepat, dan pervaya diri dalam menyampaikan
Struktur kalimat dengan benar, lafal dan ejaan tepat, namun kurang pervaya diri dalam menyampaikan
Struktur kalimat benar atau lafal dan ejaan kurang tepat, dan kurang pervaya diri dalam menyampaikan
Belum mampu melakukan
1
Dayu



Kurang baik
2
Udin


Baik
3
beni

Sangat baik









2.             Menentukan urutan lambang bilangan


No


Nama
Kriteria



Predikdot
Menyelesaikan LK dengan maksimum 1 kekeliruan
Menyelesaikan LK dengan 2-3 kekeliruan
Menyelesaikan LK dengan 4-5 kekeliruan
Tidak menyelesaikan LK atau selesai dengan lebih dari 5 kekeliruan
1
Dayu
Sangat baik
2
Udin

Baik
3
beni

Baik


Guru Pamong



HELMIYATI, S.Pd
NIP.197004251991032002


                                                     




           


Mengetahui
Kepala Sekolah


ETI SUHESTI, M.Pd
NIP. 196803251991032010





Ciruas, 8 november 2017
Guru Praktikan


I’ANAHTUL WAFA
NIM: 2227142353












0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP KELAS 1 SD "

Back To Top