RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri Cikande 1
Kelas / Semester : 4 / 2 (Dua)
Tema 8 : Tempat Tinggalku
Subtema 1 : Lingkungan Tempat Tinggal ku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (2 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
IPS
Kompetensi
Dasar (KD)
1.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis
disekitarnya
4.3 Menceriterakan
manusia dalam hubungannya dalam
lingkungan geografis tempat tinggal mu.
Indikator
:
1. 3. 1 Mampu menjelaskan keadaan alam wamena
4. 3. 2 Menjelaskan dampak keadaan dengan
penduduk
MATEMATIKA
Kompetensi
Dasar (KD)
4. 8 Membuat peta posisi suatu tempat/benda tanpa menggunakan skla
dengan memperhatikan arah mata angina
Indikator
:
4. 8. 1 Menyebutkan arah utara, selatan, timur, dan barat suatu tempat
4. 8. 2 Menjelaskan letak suatu
tempat berdasarkan arah mata angina
4. 8. 3 Berkreasi menjelaskan
keadaan alam wamena
SBDP
Kompetensi
Dasar (KD)
3. 2 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan
gerak tangan
4. 5 Menyanyikan
lagu dengan
gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
Indikator
:
3. 2. 1 Membedakan panjang pendek bunyi
4. 5. 1. menyanyikan
lagu Nasional dengan panjang pendek nada yang benar
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah
bereksplorasi, siswa mampu menjelaskan arah U, S, T, dan B dengan
2.
benar.
3.
Setelah
bereksplorasi, siswa mampu menjelaskan posisi suatu tempat berdasarkan
4.
arah mata angin
dengan benar.
5.
Setelah
bereksplorasi, siswa mampu membuat pulau impian yang dilengkapi
6.
dengan legenda,
arah mata angin, batas-batas wilayah, dan pertanyaan dengan
7.
benar.
8.
Setelah membaca
teks siswa mampu menjelaskan keadaan alam dari Wamena
dengan benar.
9.
Setelah membaca
teks siswa mampu menjelaskan hubungan keadaan alam
10. dengan
masyarakat Kota Wamena dengan benar.
11. Setelah
membaca teks, siswa mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks
12. dengan
benar.
13. Setelah
membaca teks, siswa mampu menyimpulkan isi teks dengan benar.
14. Setelah mendengarkan guru, siswa mampu
membedakan panjang pendek bunyi
15. Setelah memperhatikan notasi, siswa
mampu menyanyikan lagu Apuse dengan
tinggi rendah nada yang benar
16. Setlah siswa mampu memperhatikan guru siswa mampu
membuat peta impian dengan benar
E. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Mengenal batas
wilayah Papua.
2.
Bereksplorasi
tentang arah mata angin.
3.
Mengenal
kenampakan alam Wamena.
4.
Mengmabar peta impian
F. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Model : Kooperatif
Metode : Cermah, Diskusi,
Tanya jawab, penugasan
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Kegiatan
guru
|
Kegiatan
siswa
|
Alokasi Waktu
|
|
Kegiatan Awal
|
Guru
mengucapkan salam “Assalamulallaikum”
|
Siswa
menjawab salam “walaikumsallam warohmatullahi wabarokatu”
|
10 menit
|
|
Guru
menanyakan kabar siswa “bagaimana kabar kalian hari ini anak-anak ku”
|
Siswa
menjawab dengan serempak “Alhamdulillah sehat selalu yess”
|
|||
Setelah
berdoa dan mengucap salam serta menanyakan kabar siswa guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan melakukan
kegiatan apersepsi
|
Siswa
menjawab dengan serempak “Alhamdulillah sehat selalu yess
|
|||
Guru
menyampaikan materi yang akan dipelajari hari ini “anak-anak hari ini kita
akan mempelajari tentang Arah Mata Angin”
|
Siswa
memperhatikan apa yang disampaikan
oleh guru
|
|||
Apa
kegiatan apersepsi guru mengaitkan pengetahuan awal siswa dengan cara meminta
siswa menunjukan benda apa saja yang berada di sebalah kanan dan kiri siswa
yang akan dikaitkan dengan materi arah mata angin “sebelum mengarah kesana
kita terlebih dahulu kita mengenal arah kanan dan kiri ada apa saja disebelah
kanan dan kiri kalian”
|
Siswa
mendengarkan tujuan pembelajaran dan apersepsi yang disampaikan oleh guru
|
|||
Guru
memberikan motivasi kepada siswa dengan memberi pertanyaan yang lebih
menggali pengetahuan dan keingintahuan siswa
|
Siswa
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dengan benar
|
|||
|
Guru
meminta siswa memberikan apresiasi dengan cara memberikan tepuk tangan kepada
siswa yang menjawab pertnyaan
|
Siswa
bertepuk tangan
|
|
|
Kegiatan Inti
|
Guru
melakukan pembelajaran secara konstektual dengan menggunakan media kompas.
Dan meminta siwa mengambil setiap kompas kepada guru.
|
Setiap
perwakilan kelompok maju ke depan kelas untuk mengambil kompas yang ada di
guru.
|
50 Menit
|
|
Guru
meminta siswa untuk mengamati dan mendiskusikan arah mata angin yang ada pada
kompas tersebut.
|
Siswa
mulai mengamati kompas dan mendiskusikan arah mata anginyang ada dikompas
secara berkelompok.
|
|||
Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa tentang manfaat kompas untuk apa?
|
Siswa
menjawab pertanyaan dari guru bahwa manfaat kompas adalah menunjukan arah
mata angin
|
|||
Guru
memberikan apresiasi kepada siswa yang yang menjawab dengan benar
|
Siswa
bertepuk tangan
|
|||
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jawab anatar kelompoknya
masing-masing
|
Siswa
bertanya jawab antar kelompok
|
|||
Guru
mengajak siswa untuk belajar di luar kelas atau lapangan sekolah dengan
membawa alat tulis dan memanfaatkan kompas untuk menemukan arah mata angina
yang benar.
|
Siswa
bersama-sama mengikuti guru keluar kelas dengan membawa alat tulis
|
|||
Guru
meminta siswa untuk mencari arah timur, barat, selatan dan utara dengan
menggunakan kompas.
|
Siswa
memulai mencari arah timur, barat,
selatan dan utara dengan menggunakan kompas.
|
|||
guru
meminta siswa menggunakan petunjuk dari alam dengan cara menghadap arah
matahari terbit.
|
Siswa
memulai menghadap arah matahari terbit
|
|
||
Guru
meminta siswa untuk merentangkan tangan kanannya dan arah mata angina apa
yang ditunjukan tangan kanannya
|
Siswa
merentangkan tangan kanannya dan menyebutkan bahwa tangan kanannya menunjukan
arah selatan karena disebelah kanan arah timur adalah arah selatan.
|
|||
|
Guru
memberikan apresiasi kepada siswa yang yang menjawab pertanyaan guru dengan
benar
|
Siswa
bertepuk tangan
|
||
Guru
meminta siswa untuk merentangkan tangan kirinya dan arah mata angin apa yang
ditunjukan tangan kirinya
|
Siswa
merentangkan tangan kirinya dan menyebutkan bahwa tangan kirinya menunjukan
arah utara
|
|||
Guru
membagikan kertas dan spidol lalu siswa di minta menuliskan benda-benda yang
di temukan siswa baik di sebelah utara, selatan, timur dan barat dengan cara
menggunakan buku paket sebagai panduan
|
Siswa
secara individu menuliskan benda-benda yang ditemukan berdasarkan arah mata
angin di buku paketnya.
|
|||
Guru
membimbing siswa dalam mengerjakan tugas individu
|
Dari
hasil individu siswa didalam kelompok bekerjasama menemukan arah mata angina
dan benda-benda yang ada disekitarnya dan menuliskannya dikertas yang tadi di
berikan oleh guru.
|
|||
Guru
meminta siswa untuk kembali memasuki kelas
|
Siswa
bersama-sama memasuki kelas
|
|||
Guru
memberikan kesempatan kepada setiap kelompok yang ingin mempresentasikan
hasil karyanya di depan kelas
|
siswa
mengangkat tangan lalu maju perwakilan kelompok dan mempresentasikannya
|
|||
Guru
memberikan apresiasi kepada siswa yang mempresentasikan hasil karyanya
didepan kelas.
|
Siswa
bertepuk tangan
|
|
||
Guru
mengecek pemahaman siswa tentang arah mata angin dan secara klasikal bertanya
pasa siswa benda-benda yang ada di kelas
|
Siswa
menjawab pertanyaan guru dengan baiik dan benar
|
|||
Guru
mengaitkan materi arah mata angina dengan materi peta dan meminta siswa
membuka buku paket tentag peta
|
Siswa
membuka buku paket
|
|||
|
Guru
menguatkan pemahaman siswa tentang arah mata angina dan meminta siswa untuk
menemukan batas-batas wilayah sebuah kota berdasarkan arah mata angin.
|
Siswa
dengan antusias mencari batas-batas wilayah
sebuah kota berdasarkan arah mata angina.
|
||
Guru
meminta siswa untuk mendiskusikan dan mencari batas-batas wilyah kota wamena
dan memberika waktu 10 menit
|
Siswa
dengan antusias menndiskusikan dan mencari
batas-batas wilyah kota wamena dengan menggunakan buku paket.
|
|||
Guru
mendampingi siswa belajar dalam kelompok kecil
|
Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya
|
|||
Guru
bersama-sama dengan siswa membahas hasil diskusi
|
Siswa
menyebutkan hasil diskusinya
|
|||
Guru
memberikan kertas satu lembar kepada siswa dan memberikan kesempatan kepada
siswa membaca buku untuk mempelajari peta pulau impian yang dibuat edo
sebagai bahan referensi dalam membuat peta pulau impiannya sendiri
|
Siswa
membaca buku dan setelah mendapatkan informasi yang cukup siswa membuat peta
impian dengan kretifitas dan imajinasinya masing-masing dengan dilengkapi
arah mata angin, lengenda dan tiga pertanyaan yang terkait benda-benda yang
letaknya sesuai arah mata angin.
|
|||
Guru
meminta siswa untuk mempresentasikan hasil peta impian bersama teman satu
kelompok dengan cara berpasangan.
|
Siswa mempresentasikan hasil peta impian bersama
teman satu kelompok dengan cara berpasangan dan menunjukan arah mata angin
beserta benda-benda yang ada di sekitarnya.
|
|
||
Guru
memberikan apresiasi untuk semua siswa
|
Siswa
bertepuk tangan
|
|||
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin mempresntasikan peta pulau
impiannya.
|
Perwakilan
siswa mempresentasikan peta pulau impiannya.
|
|||
Kegiatan akhir
|
Guru
meminta siswa untuk menempelkan hasil peta impian siswa yang telah di buat di
tempat pajangan yang penataannya di pandu oleh guru
|
Siswa
menempelkan hasil peta impiannya.
|
10 menit
|
|
Pada
kegiatan akhir guru menyimpulkan hasil pembelajaran, refleksi dan di tutup
dengan doa
|
Siswa
memperhatikan guru menyimpulkan hasil pembelajaran, refleksi dan berdoa
bersama
|
|||
|
Guru menilai hasil karya siswa menggunakan rubrik
penilaian
|
Siswa sudah pulang
|
||
H. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
1.Buku Pedoman Guru Tema : Tempat
Tinggalku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
2.Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.Buku Siswa Tema : Tempat Tinggalku
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
4.Peta Pulau Papua
5.Kompas
I.
PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
4. Penilaian sikap akan dinilai dengan lembar
penilaian
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Santun
|
Tanggung Jawab
|
Berani
|
||||||||||
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
Beni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Siti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Dayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
BT : Belum Terlihat
T : Terlihat
M : Menonjol
Berilah dengan centang (ΓΌ) pada kolom yang sesuai
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( Siti Laela S.Pd.,M.Pd )
NIP.
|
|
Serang, 25 April 2017
Guru Kelas IV B
( )
NIP.
|
0 Komentar untuk "RPP K13 KELAS 4 SMT 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1"