Ciri-ciri perkembangan anak usia 7 tahun
Fisik
• Pandangan terbatas
• Berkerja dengan kepala diatas meja
• Mengenggam pensil (diujung)
• Dapat menulis dengan rapi
• Kadang-kadang tegang
• Suka ruang yang telah ditentukan
• Sering merasa terluka, bisa nyata atau pura-pura
Sosial
• Suka menyendiri, tertutup.
• Membutuhkan penguatan terus menerus (aman & teratur)
• Kadang murung, sedih, merajuk, malu.
• Merasa tidak banyak orang yang menyukainya (berubah)
• Percaya pada guru untuk membantunya
• Sensitif pada perasaan orang lain. Kadang suka mengadu
• Tidak suka melakukan kesalahan
• Kuat perasaan suka dan tidak suka
• Menjaga kerapian meja dan lingkungan
Bahasa
• Pendengar yg baik
• Pembicara yg tepat
• Suka dialog/percakapan berpasangan
• Perkembangan kosa kata cepat
• Tertarik cari arti/maksud kata
• Suka sampaikan catatan kecil
• Berminat dengan bermacam-macam simbol
Kognisi
• Suka mengulang pelajaran
• Butuh akhir kegiatan yang jelas (lengkapi dengan tugas)
• Suka berkerja secara bertahap (sedikit demi sedikit)
• Suka berkerja sendiri
• Suka dibacakan
• Suka menghapus (ingin sempurna)
• Ingin menemukan bagaimana suatu benda berkerja
Ciri-ciri perkembangan anak usia 8 tahun
Fisik
• Bergerak cepat, berkerja dengan tergesa-gesa
• Penuh dengan energi
• Perlu pelepasan energi secara fisik (kegiatan di luar ruangan)
• Kadang sedikit aneh
• Rentang kosentrasi terbatas
• Memiliki pandagan dekat dan jauh sama kuat
Sosial
• Persifat sangat baik, penuh dengan humor
• Suka berkerjasama
• Sering “menggigit lebih dari yang bisa dikunyah” salah dalam memperkirakan kemampuan mereka.
• Resisten (bertahan); membuat alasan dengan cepat ketika membuat kesalahan
• Lebih suka kegiatan yang sama dengan teman sejenis
• Bermasalah dengan atauran dan batasan-batasan
• Kelompok pertemanan lebih banyak dari usia 7
Bahasa
• Bicara aktif
• Mendengarkan tapi penuh dengan gagasan sehingga tidak dapat selalu ingat apa yang telah dikatakannya
• Melebih-lebihkan dalam bicara
• Suka dalam menjelaskan gagasan
• Perluasan kosa kata yang sangat cepat
Kognisi
• Suka kegiatan kelompok
• Suka menghasilkan sesuatu
• Sering berkerja dengan keras/kuat
• Mulai mahir dalam ketrampilan dasar
• Mulai merasakan kemampuan ketrampilannya.
• Bertambah bagus dalam melakukan operasi kongkrit.
Ciri-ciri perkembangan anak usia 9 tahun
Fisik
• Meningkat dalam koordinasi geraknya
• Tertantang melakukan kegiatan fisik sekuatnya (memaksa)
• Sering terluka
• Banyak mengeluh pada tubuhnya
• Menunjukan kegelisahan dengan mengigit kuku, gigit bibir, memilin-milin rambut
Sosial
• Sangat tinggi dalam kompetitif
• Self aware
• Tidak sabar
• Sering merasa khawatir, cemas
• Membuka jarak dengan orang lain
• Sering mengeluh; masalah persamaan
• Melihat orang dewasa secara tidak konsisten & sebagai kontrol
• Kritis
• Sering marah dan berubah-ubah emosinya
• individualistik
Bahasa
• Menggunakan kata-kata bersifat deskrpsi
• Senang bermain dalam kata dan bahasa serta informasi
• Bahasa seperti bayi kadang muncul kembali
• Menggunakan kata-kata yang melebih-lebikan
• Saat banyak menggunakan kata-kata negatif seperti: aku benci itu, aku tidak bisa, bosan, iya ya
• Senang bercanda yang sifatnya jorok
• Mencampuradukan bahasa ketika bicara
Kognisi
• Senang menghasilkan sesuatu dan mengoreksi diri sendiri
• Mulai mengenal dunia yg lebih luas
• Sedikit berimajiasi
• Rasa ingin tahu secara intelektual
• Mampu beradaptasi dengan beberapa kodisi yang dia hadapi
• Bermasalah dengan kondisi abstrak, angka-angka yang banyak, periode waktu dan ruang
Ciri-ciri perkembangan anak usia 10 tahun
Fisik
• Perkembangan otot besar
• Sangat membutuhkan waktu di luar ruangan dan tantangan fisik
• Tulisan tangan cenderung tidak rapi (jika dibandingkan dengan usia 9 th)
• Makanan ringan dan waktu istirahat membantu pertumbuhan tubuhnya
Bahasa
• Pendengar yang baik
• Banyak membaca
• Ekspresif, suka menjelaskan, aktif berbicara
• Berkerjasama dan bersaing
• Bersahabat, bergembira
Kognisi
• Daya ingat cukup produktif
• Kemampuan pada hal yang abstrak mulai meningkat
• Menyukai aturan dan hal-hal yang masuk akal
• Mengklasifikasi dan mengumpulkan hal-hal yang disukai , suka menyusun
• Mampu kosentrasi dgn baik, bisa membaca dalam waktu yg relatif lama
• Menjadi orang yang mampu menyelesaiakan masalah dengan baik
• Bangga dengan hasil akademiknya
Ciri-ciri perkembangan anak usia 11 tahun
Fisik
• Meningkatnya nafsu makan, kegiatan dan bicara
• Munculnya pubertas pada sebagian anak perempuan
• Gerakan yang stabil, kurang waktu istirahat
• Sering kena flu dan kadang infeksi telinga
• Butuh istirahat yang cukup
• Agak kurang menggunakan kekuatan fisik
• Kemampuan motorik halusnya baik
Sosial
• Peka, emosinya tidak stabil
• Berseberangan pendapat
• Senang berada diluar rumah
• Selalu mengikuti kata hati, kasar dan kurang peduli
• Suka berargumentasi
• Kesulitan membuat keputusan
• Memahmai keadaan dirinya
• Emosional
• Mudah masuk/keluar dari kelompoknya
Bahasa
• Senang berbcara ditelpon
• Selalu menuruti kata hati, bicara sebelum dipikirkan
• Bicara kasar
• Suka berargumen, pendebat ulung
• Appresiatif terhadap humor
• Mengadopsi bahasa orang dewasa
Kognisi
• Suka tugas baru dan berpengalaman untuk merefleksikan atau memperbaiki tugas berikutnya
• Dapat berfikir abstrak
• Mahir memberikan alasan
• Dapat membaangun dan memodifikasi aturan
• Memusatkan perhatian pada pengembangan bakat dan memandang dunia dari berbagai segi
• Suka berargumentasi
Ciri-ciri perkembangan anak usia 12 tahun
fisik
• Energi tinggi
• Butuh banyak istirahat
• Dorongan pertumbuhan, tanda pubertas
• Makan itu sangat dipentingkan (snack pagi di sekolah)
• Pendidikan jasmani sangat dibutuhkan
Sosial
• Mulai tampak kepribadian orang dewasa
• Dapat memberikan alasan yang lebih masuk akal
• Antusias dan tidak malu-malu
• Berinisiatif untuk kegiatannya sendiri
• Empati
• Peduli pada dirinya dan sangat pengertian
• Dapat membuat tujuan yang nyata dalam waktu singkat
• Muncul rasa aman terhadap dirinya
• Teman sebaya lebih pentig dari pada guru
Bahasa
• Muncul kekasaran (sarkasme)
• Memiliki makna ganda, bermain kata-kata, bercanda sesuai kemampuan mereka
• Asyik ngobrol dengan orang dewasa atau teman sebaya
• Bahasa “gaul”
Kognisi
• Kemmapuan memahami hal yang abstrak meningkat
• Muncul kemampuan pada ketrampilan / area tertentu
• Dapat dan akan melihat dua sisi dari sebuah argumen
• Sangat tertarik pada hal-hal baru politik, keadilan sosial
• Meneiliti dan mempelajari ketrampilan sebelumnnya dengan meningkatkan disiplin pengorganisasian.
Tag :
info guru
0 Komentar untuk "ciri-ciri PERKEMBANGAN anak usia SEKOLAH DASAR"