Karya ilmiah rokok membunuh mu


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Masa remaja merupakan masa dimana seorang individu mengalami peralihan dari satu tahap ke tahap berikutnya dan mengalami perubahan baik emosi, tubuh, minat pola perilaku, dan juga penuh dengan masalah-masalah. Dan masa remaja itu masa yang amat baik untuk mengembangkan segala potensi positif yang mereka miliki seperti bakat, kemampuan dan minat dan masa dimana mereka memcari nilai-nilai hidup serta jati diri mereka akan tetapi sangat ironis pada zaman sekarang ini banyak anak yang menyimpang dan mereka sudah mengkonsumsi rokok padahal usia mereka masih sangat belia, terutama untuk kalangan pelajar banyak yang sudah mengkonsumsi rokok sehingga tangggung jawab mereka sebagai pelajar hilang. Sebenarnya seorang pelajar belum boleh merokok di kalangan sekolah, masyarakat atau kalangan yang lainnya. Karena hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatannya, hal ini di lakukan oleh para pelajar karena kondisi emosi mereka yang tidak stabil memebuat mereka melakukan segalah hal untuk melampiaskan esmosinya. Populasi merokok pada usia dini sangatlah tinggi. Hal ini di sebabakan karena kurangnya penyuluhan tentang bahaya rokok di kalangan sekolah atau masyarkat, atau mungkin juga kurangnya kesadaran pada diri mereka sehingga mereka tidak memperhatikan bahayanya dan juga nanti kedepannya.
Disamping itu masa remaja adalah masa yang rawan oleh pengaruh-pengaruh negatif seperti rokok yang sedang marak saat ini sebenernya mereka mengetahui dampak-dampak negatif dari rokok akan tetapi mereka tetap mengkonsumsi rokok setiap harinya. Dan lebih ironisnya lagi perokok sekarang bukan hanya dari laki-laki saja perempuanpun banyak yang sudah menjadi perokok padahal para perempuan itu tau bahaya rokok bagi kesehatannya terutama pada rahimnya.
Apa jadinya Negara Indonesia jika semua remaja menjadi pencandu rokok. Mereka yang seharusnya menjadi generasi penerus bangsa yang bertanggung jawab akan tetapi mereka menghancurkan masa depan mereka dengan mengkonsumsi rokok.
B.     Rumusan masalah
1.1. Apa dampak merokok bagi remaja?
1.2. Apa factor remaja mulai merokok?
1.3. Zat apa yang terkandung dalam rokok?
1.4. Bahaya rokok bagi kesehatan?
1.5. Apa solusi mencegahnya untuk mengurangi kecanduan rokok?
1.6. Upaya apa yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengatasi pelajar yang mengkonsumsi rokok.
C.    Tujuan Penulisan
1.1. Untuk mengetahui dampak rokok dari remaja
1.2. Mengetahui faktor apa remaja mulai merokok
1.3. Mengetahui zat apa yang terkandung dalam rokok
1.4. Mengetahui bahaya rokok bagi kesehatan
1.5. Mencari solusi untuk mengurangi mengurangi kecanduan rokok







BAB II
PEMBAHASAN
a)       Pengertian Rokok
Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm bervariasi tergantung Negara yang membuatnya, dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah, selain tembakau juga berisi bahan-bahan perasa yang biasa disebut saus rokok. Komposisi rokok pun bermacam-macam yaitu bidis, cigar, kretek, shisha, bubbly, dan tembakau langsung. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya. Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung walaupun pada kenyataannya itu hanya tinggal hiasan, jarang sekali dipatuhi.
Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh.
b)     Zat Yang Terkandung Dalam Rokok
·  ACROLEIN
 zat berbentuk cair tidak berwarna diperoleh dengan mengambil cairan dari glyceril atau dengan mengeringkannya. Pada dasarnya zat ini mengandung alkohol yang pasti sangat mengganggu kesehatan.
·  KARBON MONOXIDA
 gas yang tidak berbau. Zat ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat karbon. Jika karbon monoxida ini masuk ke dalam tubuh dan dibawa oleh hemoglobin ke dalam otot-otot tubuh. Satu molekul hemoglobin dapat membawa empat molekul oksigen. Apabila didalam hemoglobin itu terdapat karbon monoxida, berakibat seseorang akan kekurangan oksigen.

·  NIKOTIN
cairan berminyak tidak berwarna. Zat ini bisa menghambat rasa lapar. Jadi menyebabkan seseorang merasa tidak lapar karena mengisap rokok.
       ·  AMMONIA
 gas yang tidak berwarna, terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Memiliki bau yang sangat tajam dan merangsang. Zat ini sangat cepat memasuki sel-sel tubuh dan kalau disuntikkan sedikit saja pada aliran darah akan membuat pingsan atau koma.
·  FORMIC ACID
   cairan tidak berwarna, tajam baunya, bisa bergerak bebas dan dapat membuat         lepuh.
·  HYDROGEN CYANIDE
gas tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada rasa. Zat ini paling ringan dan mudah terbakar. Cyanide mengandung racun berbahaya dan jika dimasukkan langsung ke dalam tubuh akan berakibat kematian.


·  NITROUS OXIDE
gas tidak berwarna dan jika diisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan membuat rasa sakit. Zat ini awalnya adalah untuk zat pembius pada saat operasi.
·  FORMALDEHYDE
       gas tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini bersifat pengawet dan pembasmi hama.
·  PHENOL
zat ini terdiri dari campuran kristal yang dihasilkan dari distilasi zat-zat organik misalnya kayu dan arang. Phenol bisa terikat didalam protein dan menghalangi kerja enzyme.
·  ACETOL
 zat ini adalah hasil dari pemanasan aldehyde dan menguap dengan alkohol.
·  HYDROGEN SULFIDE
gas yang mudah terbakar dan berbau keras. Zat ini menghalangi oxidasi enxym (zat besi berisi pigmen)
·  PYRIDINE
cairan tidak berwarna dan berbau tajam. Zat ini mampu mengubah alkohol sebagai pelarut dan pembunuh hama.
·  METHYL CHLORIDE
 merupakan campuran zat-zat bervalensa satu atas mana hidrogen dan karbon sebagai unsur utama. Zat ini merupakan compound organis yang sangat beracun dan uapnya bersifat sama dengan pembius.
·  METHANOL
cairan ringan yang mudah menguap dan terbakar. Jika diminum dan diisap dapat berakibat pada kebutaan dan kematian.
      ·  TAR
cairan kental berwarna coklat tua atau hitam didapatkan dengan cara distilasi kayu dan arang juga dari getah tembakau. Zat inilah yang menyebabkan kanker paru-paru
c)       Bahaya Rokok Bagi Kesehatan
·         Menyebabkan kanker paru-paru
·         Serangan jantung
·         Impotensi
·         Gangguan kehamilan dan janin
·         Gangguan pernapasan

d)      Dampak Merokok Bagi Pelajar
Bahaya merokok bagi pelajar adalah produk yang berbahaya dan adiktif (membuat ketergantungan) karena di 4000 ada rokok bahan kimia berbahaya yang 69 menyebabkan kanker. Berbahaya zat dalam rokok seperti tar, karbon monoksida, sianida, formaldehid arsenik, dan nitrosamin,
e)       Factor Remaja Mulai Merokok
1. Pengaruh Orang tua
Salah satu temuan tentang remaja perokok adalah bahwa anak-anak muda yang berasal dari rumah tangga yang tidak bahagia, dimana orang tua tidak begitu memperhatikan anak-anaknya dan memberikan hukuman fisik yaitu dengan merokok
2.      Pengaruh Teman.
Berbagai fakta mengungkapkan bahwa semakin banyak remaja merokok maka semakin besar kemungkinan teman-temannya adalah perokok juga dan demikian sebaliknya. Dari fakta tersebut ada dua kemungkinan yang terjadi, pertama remaja mulai merokok karena terpengaruh oleh teman-temannya.dan mereka merasa malu jika tidak ikut merokok seperti teman-temannya.
3. Faktor Kepribadian.
Orang mencoba untuk merokok karena rasa ingin tahu terhadap rokok dalam diri dan membebaskan diri dari kebosanan.
4. Pengaruh Iklan.
Melihat iklan di media massa dan elektronik yang menampilkan gambaran bahwa perokok adalah lambang kejantanan atau glamour, membuat remaja seringkali terpicu untuk mengikuti perilaku seperti yang ada dalam iklan tersebut



a)      Solusi Untuk  mencegah Kecanduan Rokok
Kuatkan niat dalam hati dan tekat yang bulat untuk berhenti merokok kemudian mintalah orang terdekat terutama keluarga dan teman mintalah pendapat mereka agar bisa berhenti merokok bergaullah bersama orang yang tidak merokok, hindari ruangan yang berasap rokok, mengganti rokok dengan yang lain contohnya permen atau cemilan, berfikir positif , dan banyak istirahat.
















BAB III
PENUTUP
a)      Kesimpulan

Melihat kenyataan yang ada bahaya merokok dan rokok itu lebih banyak mengandung dampak negatifnya dari pada positifnya. Apabila dibiarkan terurus menerus maka akan merusak  pada kesehatan tubuh manusia dan dapat mengakibatkan kematian, oleh karena itu sebaiknya hentikan komsumsi rokok dari sekarang. Dan seharusnya masyarakat sadar akan bahaya rokok bagi kesehatan tubuh mereka dan efek-efek rokok sudah diketahui dengan jelas.

b)     Saran
            Semoga Setelah  membaca  karya  ilmiah ini  remaja dapat tersadarkan akan bahaya rokok bagi   kesehatan   mereka   dan   segera   meninggalkan kebiasaan merokoknya, supaya kesehatan mereka   tetap terjaga dan nantinya menjadikan tubuh mereka sehat bugar dan terhindar dari penyakit yang mengancam jiwa mereka.
            Sebaiknya pemerintah mengadakan seminar atau penyuluhan mengenai bahaya merokok disetiap sekolah-sekolah agar para remaja terhindar dan sadar akan bahaya merokok.






DAFTAR  PUSTAKA


Tag : info guru
0 Komentar untuk "Karya ilmiah rokok membunuh mu"

Back To Top