RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
VI / II
Pertemuan ke :
1
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
A. Standar Kompetensi
Mempraktikkan
pola penggunaan dan perpindahan energi.
B. Kompetensi Dasar
Menyajikan
informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik.
C. Indikator
1. Menjelaskan
pengertian konduktor.
2. Menjelaskan
pengertian isolator.
3. Menyebutkan
benda – benda konduktor listrik.
4. Menyebutkan
benda – benda isolator listrik.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui
penugasan siswa dapat menjelaskan pengertian konduktor.
2. Melalui
penugasan siswa dapat menjelaskan pengertian isolator.
3. Melalui
percobaan sederhana siswa dapat menyebutkan benda – benda konduktor listrik.
4. Melalui
percobaan sederhana siswa dapat menyebutkan benda – benda isolator listrik.
E. Karakter
Rasa
Ingin Tahu, Disiplin, Tanggung Jawab
F. Materi Ajar
Konduktor dan Isolator
Pada rangkaian tertutup bola
lampu dapat menyala jika dihubungkan dengan kutub-kutub sumber listrik oleh
kawat/benda penghantar listrik yang baik .Bendabenda yang dapat menghantarkan
arus listrik dengan baik disebut konduktor, umumnya terbuat dari logam seperti
tembaga, besi, alumunium, seng dan sebagainya. Sedangkan benda-benda penghantar
arus listrik yang buruk disebut isolator, umumnya terbuat dari bahan bukan
logam seperti plastik, kayu, udara, kertas, air dan sebagainya.
G. Metode Pembelajaran
Model : Inquiry
Metode :
Ceramah, DIskusi, Tanya Jawab, Penugasan, eksperimen.
H. Langkah – Langkah Pembelajaran
Fase
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Fase
I
Merumuskan Masalah
Fase
II
Merumuskan Hipotesis
Fase
III
Mengumpulkan Data
Fase
IV
Menguji Hipotesis
Fase
V
Menarik kesimpulan
|
Kegiatan
Awal
·
Guru memasuki kelas dan
memberikan salam kepada siswa.
·
Guru mempersiapkan siswa
secara fisik maupun psikis agar siap mengikuti pembelajaran dengan cara
mengajak siswa berdoa. (disiplin)
·
Guru
melaksanakan absensi.
·
Guru menyampaikan apersepsi
dengan memperlihatkan sebuah kabel listrik dan menanyakan apa fungsi lapisan
karet yang membalut kawat kabel tersebut. Guru menyampaikan permasalah yang
akan dibahas. (rasa ingin tahu)
Bahan atau benda yang dapat menghantarkan
listrik dengan baik disebut apa?
Bahan atau benda yang tidak dapat menghantarkan
listrik dengan baik disebut apa?
Apa saja bahan atau benda yang dapat
menghantarkan listrik dengan baik?
Apa saja bahan atau benda
yang tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik?
·
Guru menyampaikan lingkup
materi.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Siswa ditugaskan untuk
menyebutkan apakah nama bahan atau benda yang dapat menghantarkan listrik
dengan baik.
·
Siswa ditugaskan untuk
menyebutkan apakah nama bahan atau benda yang tidak dapat menghantarkan
listrik dengan baik.
·
Siswa ditugaskan untuk
menyebutkan benda atau bahan apa saja yang dapat menghantarkan listrik dengan
baik.
·
Siswa ditugaskan untuk
menyebutkan benda atau bahan apa saja yang tidak dapat menghantarkan listrik
dengan baik.
·
Siswa menuliskan jawaban
sementara dari permasalahan yang disampaikan di papan tulis.
Elaborasi
·
Guru membagi siswa menjadi
kelompok kecil (6-7 orang). (disiplin)
·
Siswa mencari pada buku
sumber disebut apa bahan atau benda yang dapat menghantarkan listrik dengan
baik. (tanggung jawab)
·
Siswa mencari pada buku
sumber disebut apa bahan atau benda yang tidak dapat menghantarkan listrik
dengan baik. (tanggung jawab)
·
Dengan menggunakan alat
peraga yang disediakan guru, siswa melaksanakan percobaan sederhana untuk
mengetahui bahan atau benda apa saja yang dapat menghantarkan listrik dengan
baik. (disiplin, tanggung jawab)
·
Siswa mencatat semua
penemuannya di LKS yang disediakan guru. (disiplin, tanggung jawab)
Konfirmasi
·
Masing – masing kelompok
menyampaikan hasil kerja mereka di depan kelas atau ditulis pada papan tulis.
(disiplin, rasa ingin tahu)
·
Guru bersama siswa menyocokan
hasil kerja kelompok dengan jawaban sementara yang diajukan pada awal
pembelajaran. (rasa ingin tahu)
·
Guru bersama siswa
memperhatikan kebenaran hasil kerja kelompok dan jawaban sementara.
(disiplin, rasa ingin tahu)
·
Guru memberi penguatan untuk
kelompok yang hasil kerjanya telah benar, dan memotivasi kelompok yang masing
kurang.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa merefleksi
pembelajaran yang telah dilaksanakan dan menyimpulkan materi yang telah
pelajari. (disiplin, rasa ingin tahu)
·
Guru
melaksanakan evaluasi untuk menguji pemahaman siswa. (disiplin)
·
Guru
menyampaikan rancangan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
± 10 Menit
±10 Menit
± 25 Menit
± 10 Menit
± 15
Menit
|
I. Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Sulistyanto,
Heri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 6.
Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas.
2.
Rangkaian
listrik sederhana untuk menguji konduktor dan isolator.
J. Penilaian
1)
Penilaian
a. Prosedur penilaian
·
Aspek Kognitif, Alat ukurnya Tes.
·
Aspek afektif , alat
ukurnya lembar observasi.
·
Aspek Psikomotor.
b. Alat
Penilaian
1. Penilaian kognitif
a)
Soal!
No.
|
Soal
|
Skor
|
1.
|
Apakah yang dimaksud dengan konduktor?
|
5
|
2.
|
Apakah yang dimaksud dengan isolator?
|
5
|
3.
|
Sebutkan 5 benda konduktor listrik!
|
5
|
4
|
Sebutkan
5 benda isolator listrik!
|
5
|
b)
Kunci
Jawaban.
1.
Bahan
atau benda yang dapat menghantarkan listrik dengan baik.
2.
Bahan
atau benda yang tidak dapat
menghantarkan listrik dengan baik
3.
Uang
logam, jarum, kawat, paku, sendok logam.
4.
Kertas,
kain, pulpen, penggaris plastic, pensil.
Kriteria
Penilaian :
Skor
Maksimal = 20
c) Format
penilaian Kognitif
No.
|
Nama
Siswa
|
Soal
|
∑
|
skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
N1
= skor diperoleh / skor maksimal X
100
2.
Penilaian Afektif
a)
Lembar
observasi
Aspek yang
dinilai
|
Deskripsi
|
Penskoran
|
|
Disiplin
|
1.
Tidak mengganggu teman.
2.
Tidak rebut saat ada yang bicara di depan
kelas.
|
2
1
0
|
Jika kedua hal ini dilakukan
Jika hanya 1 hal
yang dilakukan
Jika kedua hal ini tidak dilakukan.
|
Tanggung
jawab
|
1.
Mengerjakan tugas yang telah diberikan.
2.
Menyelesaikan tugas tepat waktu.
|
2
1
0
|
Jika kedua hal ini dilakukan
Jika hanya 1 hal
yang dilakukan
Jika kedua hal ini tidak dilakukan.
|
Rasa Ingin
Tahu
|
1.Bertanya
saat menemukan kesulitan.
2.menjawab pertanyaan guru.
|
2
1
0
|
Jika kedua hal ini dilakukan
Jika hanya 1 hal
yang dilakukan
Jika kedua hal ini tidak dilakukan.
|
Kriteria Penilaian :
Skor berkisar =
0 – 2
Skor Maksimal =
6
b) Format
Penilaian Afektif
No.
|
Nama
Siswa
|
Karakter
|
∑
|
Skor
|
|||||
Disiplin
|
Tanggung jawab
|
Rasa Ingin tahu
|
|||||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
||||
N2 = skor
diperoleh / skor maksimal X 100
Kriteria
penilaian Undiksha Singaraja
A = 85 – 100
(Sangat baik)
B = 70 – 84 (Baik)
C = 55 – 69 (cukup baik)
D = 45 – 54 (tidak
baik)
E = 0 – 44 (sangat tidak baik)
Mengetahui,
Kepala sekolah Guru
Kelas
(………………………) (………………………….)
Tag :
Download rpp ktsp
0 Komentar untuk "CONTOH RPP INKUIRI PADA KELAS VI SD"