CONTOH RPP INKUIRI PADA KELAS VI SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          : VI / II
Pertemuan ke              : 1
Alokasi Waktu            : 2 x 35 Menit

 A. Standar Kompetensi
Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi.

B.     Kompetensi Dasar
Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik.

C.    Indikator
1.      Menjelaskan pengertian konduktor.
2.      Menjelaskan pengertian isolator.
3.      Menyebutkan benda – benda konduktor listrik.
4.      Menyebutkan benda – benda isolator listrik.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui penugasan siswa dapat menjelaskan pengertian konduktor.
2.      Melalui penugasan siswa dapat menjelaskan pengertian isolator.
3.      Melalui percobaan sederhana siswa dapat menyebutkan benda – benda konduktor listrik.
4.      Melalui percobaan sederhana siswa dapat menyebutkan benda – benda isolator listrik.

E.     Karakter
Rasa Ingin Tahu, Disiplin, Tanggung Jawab


F.     Materi Ajar
Konduktor dan Isolator
Pada rangkaian tertutup bola lampu dapat menyala jika dihubungkan dengan kutub-kutub sumber listrik oleh kawat/benda penghantar listrik yang baik .Bendabenda yang dapat menghantarkan arus listrik dengan baik disebut konduktor, umumnya terbuat dari logam seperti tembaga, besi, alumunium, seng dan sebagainya. Sedangkan benda-benda penghantar arus listrik yang buruk disebut isolator, umumnya terbuat dari bahan bukan logam seperti plastik, kayu, udara, kertas, air dan sebagainya.

G.    Metode Pembelajaran
Model                    : Inquiry
      Metode                  : Ceramah, DIskusi, Tanya Jawab, Penugasan, eksperimen.

H.    Langkah – Langkah Pembelajaran
Fase
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Fase I
Merumuskan Masalah























 

Fase II
Merumuskan Hipotesis














 

Fase III
Mengumpulkan Data

















 

Fase IV
Menguji Hipotesis













 

Fase V
Menarik kesimpulan
Kegiatan Awal
·         Guru memasuki kelas dan memberikan salam kepada siswa.
·          Guru mempersiapkan siswa secara fisik maupun psikis agar siap mengikuti pembelajaran dengan cara mengajak siswa berdoa. (disiplin)
·           Guru melaksanakan absensi.
·         Guru menyampaikan apersepsi dengan memperlihatkan sebuah kabel listrik dan menanyakan apa fungsi lapisan karet yang membalut kawat kabel tersebut. Guru menyampaikan permasalah yang akan dibahas. (rasa ingin tahu)
Bahan atau benda yang dapat menghantarkan listrik dengan baik disebut apa?
Bahan atau benda yang tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik disebut apa?
Apa saja bahan atau benda yang dapat menghantarkan listrik dengan baik?
  Apa saja bahan atau benda yang tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik?
·         Guru menyampaikan lingkup materi.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Siswa ditugaskan untuk menyebutkan apakah nama bahan atau benda yang dapat menghantarkan listrik dengan baik.
·         Siswa ditugaskan untuk menyebutkan apakah nama bahan atau benda yang tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik.
·          Siswa ditugaskan untuk menyebutkan benda atau bahan apa saja yang dapat menghantarkan listrik dengan baik.
·         Siswa ditugaskan untuk menyebutkan benda atau bahan apa saja yang tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik.
·          Siswa menuliskan jawaban sementara dari permasalahan yang disampaikan di papan tulis.
Elaborasi
·         Guru membagi siswa menjadi kelompok kecil (6-7 orang). (disiplin)
·         Siswa mencari pada buku sumber disebut apa bahan atau benda yang dapat menghantarkan listrik dengan baik. (tanggung jawab)
·         Siswa mencari pada buku sumber disebut apa bahan atau benda yang tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik. (tanggung jawab)
·          Dengan menggunakan alat peraga yang disediakan guru, siswa melaksanakan percobaan sederhana untuk mengetahui bahan atau benda apa saja yang dapat menghantarkan listrik dengan baik. (disiplin, tanggung jawab)
·         Siswa mencatat semua penemuannya di LKS yang disediakan guru. (disiplin, tanggung jawab)

Konfirmasi
·         Masing – masing kelompok menyampaikan hasil kerja mereka di depan kelas atau ditulis pada papan tulis. (disiplin, rasa ingin tahu)
·         Guru bersama siswa menyocokan hasil kerja kelompok dengan jawaban sementara yang diajukan pada awal pembelajaran. (rasa ingin tahu)
·         Guru bersama siswa memperhatikan kebenaran hasil kerja kelompok dan jawaban sementara. (disiplin, rasa ingin tahu)
·          Guru memberi penguatan untuk kelompok yang hasil kerjanya telah benar, dan memotivasi kelompok yang masing kurang.
Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa merefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan dan menyimpulkan materi yang telah pelajari. (disiplin, rasa ingin tahu)
·           Guru melaksanakan evaluasi untuk menguji pemahaman siswa. (disiplin)
·           Guru menyampaikan rancangan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
± 10 Menit



























±10 Menit

















± 25 Menit




















± 10 Menit
















± 15 Menit

I.       Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Sulistyanto, Heri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 6. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas.
2.      Rangkaian listrik sederhana untuk menguji konduktor dan isolator.

J.      Penilaian
1)      Penilaian
a. Prosedur penilaian
·         Aspek Kognitif,  Alat ukurnya Tes.
·         Aspek afektif  ,  alat ukurnya lembar observasi.
·         Aspek Psikomotor.

b.   Alat Penilaian
1.      Penilaian kognitif
a)      Soal!




No.
Soal
Skor
1.
Apakah yang dimaksud dengan konduktor?
5
2.
Apakah yang dimaksud dengan isolator?
5
3.
Sebutkan 5 benda konduktor listrik!
5
4
Sebutkan 5 benda isolator listrik!
5


b)      Kunci Jawaban.
1.      Bahan atau benda yang dapat menghantarkan listrik dengan baik.
2.      Bahan atau benda yang  tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik
3.      Uang logam, jarum, kawat, paku, sendok logam.
4.      Kertas, kain, pulpen, penggaris plastic, pensil.

Kriteria Penilaian :
Skor Maksimal            =  20

c)      Format penilaian Kognitif
No.
Nama Siswa
Soal
skor
1
2
3
4
5

N1 =  skor diperoleh / skor maksimal X 100

2.      Penilaian Afektif
a)      Lembar observasi
Aspek yang dinilai
Deskripsi
Penskoran
Disiplin
1.  Tidak mengganggu teman.
2.  Tidak rebut saat ada yang bicara di depan kelas.
2

1

0
Jika kedua hal ini dilakukan
Jika  hanya 1 hal yang dilakukan
Jika kedua hal ini tidak dilakukan.
Tanggung jawab
1.  Mengerjakan tugas yang telah diberikan.
2.  Menyelesaikan tugas tepat waktu.
2

1

0
Jika kedua hal ini dilakukan
Jika  hanya 1 hal yang dilakukan
Jika kedua hal ini tidak dilakukan.
Rasa Ingin Tahu
1.Bertanya saat menemukan kesulitan.
2.menjawab pertanyaan guru.
2

1

0
Jika kedua hal ini dilakukan
Jika  hanya 1 hal yang dilakukan
Jika kedua hal ini tidak dilakukan.

Kriteria Penilaian :
Skor berkisar   = 0 – 2
Skor Maksimal            = 6

b)      Format Penilaian Afektif
No.
Nama
Siswa
Karakter
Skor
Disiplin
Tanggung jawab
Rasa Ingin tahu
1
2
1
2
1
2

            N2skor diperoleh / skor maksimal X 100

Kriteria penilaian Undiksha Singaraja
A = 85 – 100 (Sangat baik)
B = 70 – 84    (Baik)
C = 55 – 69    (cukup baik)
D = 45 – 54   (tidak baik)
E =    0 – 44   (sangat tidak baik)



            Mengetahui,
        Kepala sekolah                                                                            Guru Kelas




(………………………)                                                          (………………………….)



















0 Komentar untuk "CONTOH RPP INKUIRI PADA KELAS VI SD"

Back To Top