DOWNLOAD INSTRUMEN WAWANCARA KURIKULUM 2013

INSTRUMENT WAWANCARA DI SDN CIKANDE 1  
MENGENAI  IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Nama                                                   :I’anahtul Wafa
Kelas                                                   :4 A (PGSD)
Kelompok                                           :…..
Objek Penelitian                                  :Strategi (KomponenKurikulum)
Lokasi Wawancara                              : SDN CIKANDE 1
Aspek                                                  : Implementasi Kurikulum 2013 di SDN CIKANDE 1
TUJUAN
INDIKATOR
PERTANYAAN
Mengetahui Sejauh mana kesiapan sekolah dalam melaksanakan kurikulum 2013

Memiliki sumber daya guru yang menunjang penerapan 2013
1.      Bagaimana tahapan dan persiapan kepala sekolah sebelum menerapkan K13?
2.      menurut bapak/ibu bagaimana kesiapan guru dalam mengahadapi K13?
3.      Bapak/ibu sebelum penerapan K13 apakah ada pelatihan?
4.      berapa kali bapak/ibu mengukuti pelatihan K13?
5.      Bagaimana dengan buku yang siswa gunakana ketika kurikulum berubah apa masih sama atau berbeda?

Perencanaan model-model pembelajaran didalam Kurikulum 2013


6.       Ketika proses KBM berlangsung di kelas, apakah bapak/ibu menerapkan model     pembelajaran?
7.       model apakah yang bapak/ ibu terapkan dalam proses pembelajaran?
8.       Bagaimana langkah-langkah atau adakah langkah-langkah khusus yang bapak/ibu  lakukan ketika menerapkan model-model pembelajaran?
9.      Apakah rencana bapak/ibu dalam memotivasi dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model yang bapak/ibu terapkan?
10.  Bagaimana bapak/ibu dalam
merancang model pembelajaran tematik yang ada di K13

Menjadikan guru kreatif dalam pembelajaran dikurikulum 2013



11.  Bagaimana perencanaan pembelajaran yang ideal menurut tuntutan kurikulum 2013?
12.  Jika bapak/ibu menggunakan media dalam pembelajaran pendekatan apa yang bapak/ibu gunakan dalam media itu?
13.  Bagaimana pemilihan media yang tepat agar siswa mudah mengerti apa yang disampaikan oleh guru?
14.  Dalam hal pemilihan media apakah hanya menekankan pada aspek kognitif saja atau kan pada aspek psikomotor dan afektif?
15.  Bagaimana rencana bapak ibu jika dalam pembelajran yang sudah menggunakan media tetapi masih ada anak yang blum mengerti dengan materi?
16.  Hukuman apa yang bapak/ibu berikn untuk anak yang rebut dikelas?

Berperan aktif dalam mengembangkan K13


17.  Menurut Bapak/ibu apa itu K13?
18.   Bagaimana cara bapak/ibu mengembangkan pembelajaran yang ada didalam K13?
19.  Dalam K13 tidak menggunakan mata pelajaran tetapi menggunakan subtema apakah 1 tema habis dengan waktu 1 hari?
20.  Menurut bapak/ibu apa pembelajaran berbaris tema itu dan bagaimana caramengembangkannya?
21.  Bagaimana peran bapak/ibu dalam mengembangkan Kurikulum 2013?



Menyiapkan metode pembelajaran

22.  Metode apa yang ibu/bapak gunakan dalam proses pembelajaran K13?
23.  Rencana apa yang bapak/ibu lakukan jika metode yang diterapkan tidak tercapai tujuan pembelajaran yang ada di K13?
24.  Bagaimana memilih dan menentukan pendekatan pembelajran yang baik didalam metode yang ibu gunakan?
25.  Bagaimana rencana bapak/ibu untuk menciptakan metode yang menarik untuk siswa
26.  Bagaimana menciptakan belajar yang kondusif dengan metode yang bapak ibu buat?
Untuk mengetahui kopetensi dan keterampilan guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013


Mampu membuat strategi pembelajran yang baik didalam kurikulum 2013

27.     Strategi apa yang digunakan dalam proses pembelajaran dikurikulum 2013?
28.     bagaimana caranya strategi yanag bapak/ibu buat agar tercapainya tujuan pembelajaran di K13?
29.     Menurut bapak/ibu kesulitan apa yang sering ditemukan dalam membuat strategi pembelajaran?
30.     Jika bapak/ibu menggunakan strategi, lalu pendekatan apa yang bpaka ibu gunakan dalam proses pembelajaran
31.     Bagaimana cara bapak/ibu dalam memilih strategi pembelajaran yang efektif?



Menjadikan siswa sebagai subjek belajar yang aktif



32.     Bagaimana menumbuhkan rasa ingin tahu pada diri siswa ketika pembelajaran?
33.     Bagaimana cara bapak/ibu dalam menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan
34.     Upaya apa yang bapak/ibu lakukan jika ada salah satu siswa yang saling membuli temannya?
35.     Bagaimana cara bapak/ibu dalam meningkatkan motivasi siswa?
36.     Bagaimana menghilangkan kebosanan dalam diri siswa ketika lamanya pembelajaran?
37.     Bagaiamana menurut bapak/ibu supaya anak dapat menerapkan kedisiplinan didalam kelas


Mampu membuat siswa merasa bahagia ketika pembelajaran
38.     Bagaimana menumbuhkan ras ingin tahu pada diri siswa ketika pembelajaran dimulai?
39.     Bagaimana membuat pembelajaran di K13 menyenangkan untuk siswa?

40.     Bagaimana sikap bapak/ibu jika ada siswa yang lari-lari didalam kelas ketika pembelajaran dimulai?
41.     Apa yang bapak ibu lakukan jika ada salah satu siswa yang murung dikelas?
42.     Bagaimana menghilangkan rasa bosan siswa ketika lamanya alokasi pembelajaran?

Mampu membuat media pembelajaran dikurikulum 2013
43.     Pernahkah bapak/ibu menggunakan media pembelajaran di K13 ini?
44.     Bagaimana cara bapak/ibu dalama pemilihan media agar siswa mudah mengerti apa yang disampaikan?
45.     Dalam hal pemilihan media apakah hanya menekankan pada aspek kognitif saja atau dalam aspek psikomotor dan afektif?
46.     Walaupun tidak menggunakan media apakah tujuan pembelajaran akan tercapai?
47.     Pernahkan bapak/ibu membuat media hasil kreasi sendiri dan pendekatan apa yang bapak/ibu gunakan dalam pemebelajaran menggunakan media?



Mampu menjadikan guru professional dalam Kriteria Kurikulum 2013






48.     Menurut bapak/ibu apa sajakah ranah untuk mewujudkan guru yang professional?
49.     Mengapa perlu dilakukan kinerja guru?
50.     Menurut bapak/ibu Adakah unsur penting dalam profesi guru?
51.     Bagaimana cara guru professional dalam memanagent kelas yang baik agar proses pembelajaran terlaksana dengan baik?
52.     Bagaimana pandangan bapak/ibu dengan mengenai tenaga kependidikan?
53.     Bagaimana sikap bapak/ibu dalam mengatasi siswa yang cenderung pasif ketika pembelajaran berlangsung?
Untuk mengetahui evaluasi penilaian dalam proses pembelajaran dikurikulum 2013
Mengetahui pencapaian siswa dalam pembelajaran di K13
54.     Dengan adanya kurikulum 2013 ini apakah siswa menjadi kreatif?
55.     Bagaimana prestasi siswa setelah mengikuti pemebelajaran dengan Kurikulum 2013?
56.      Dengan adanya kurikulum 2013 siswa mampu mengembangkan keterampilan berfikirnya?
57.     menurut bapak/ibu adakah kendala pada diri siswa dengan menggunakan K13?
58.     Bagaimana pengaruh K13 terhadap psikologi siswa?


Mengetahui kelebihan dan kekurangan K13
59.     Menurut bapak/ibu bagaimana landasan terbentuknya K13?
60.     Bagaimana kelebihan dan kekurangan pembelajaran di K13?
61.     Bagaimana pendapat bapak/ibu dengan perubahan kurikulum KTSP menjadi K13 disekolah?
62.     Bagaimana menurut bapak/ibu perbedaan kurikulum 2013 dan kurikulum sebelumnnya yaitu KTSP?
63.     Menurut bapak/ibu apa manfaat dari K13?
64.     Menurut bapak/ibu apakah K13 sejalan dengan visi misi yang ada di SDN Cikande 1?

Mengetahui sejauh mana K13 dapat dipahami oleh guru
65.     Bagaimana penilaian hasil belajar siswa dikurikulum 2013 lebih menekankan pada aspek kognitif saja atau aspek psikomotor dan afektif ?
66.     Bagaimana upaya bapak/ibu jika ada kendala dalam proses pembelajaran di K13?
67.     Bagaimana  Pengelolaan Laporan (Raport)  Hasil  belajar di SDN Cikande 1 dalam kuirikulum 2013?
68.     Upaya apa yang bapak/ibu lakukan jika metode yang diterapkan tidak tercapai tujuan pembelajaran yang ada dikurikulum 2013?
69.     Kesulitan apa yang bapak/ibu hadapi disaat bapak/ibu mengajarkan tema di K13?
70.     Dampak apa yang terjadi jika salah satu siswa tingkat kognitifnya tidak menerima pembelajaran di K13 dan upaya apa yang dilakukan bapak/ibu?


Mengetahui sejauh mana guru memahami isi dari keseluruhan dari KI dan KD




71.     Bagaimana cara bapak/ibu dalam pembelajaran K13 apakah sesuai KI dan KD yang ada di pemerintah atau membuat sendiri dengan mengadopsi ulang KD dan KI yang ada di K13
72.     Bagaimana prosedur pembentukan KI dan KD ?
73.     Menurut bapak/ibu bagaimana cara menerapkan saintific method dalam membentuk KI dan KD?
74.     Bagaimana dengan menilai ketercapaian KI dan KD?
75.     Menurut bapak/ibu apa itu quatum learning dan quantum teaching?

Mengetahui sejauh maba Sekolah (SDN Cikande 1) dalam menyediakan sarana dan prasarana untuk memnunjang pembelajaran di Kurikulum 2013


76.     Bagaimana dengan sarana dan prasarana disekolah ini dalam menunjang K13, apakah sarana prasarana menyediakan dari sekolah atau dari pemerintah?
77.     Menurut bapak/ibu apakah sarana dan prasarana memadai dalam proses pembelajaran K13?
78.     Bagaimana menurut bapak/ibu dengan sarana dan prasarana yang ada apakah guru mampu mengelolah sarana dan prasarana yang ada?
79.     Bagaimana antusias dalam sarana prasrana di SDN Cikande 1?
80.     Menurut bapak/ibu apakah sarana prasarana sudah memenuhi kebutahan siswa?
81.     Bagaiamana jika sarana dan prasarana di K13 tidak sepenuhnya memadai apakah akan berjalan K13 di SDN Cikande 1 ?





Tag : info guru
0 Komentar untuk "DOWNLOAD INSTRUMEN WAWANCARA KURIKULUM 2013"

Back To Top