INSTRUMENT WAWANCARA DI SDN CIKANDE 1
MENGENAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Nama :I’anahtul Wafa
Kelas :4 A (PGSD)
Kelompok :…..
Objek Penelitian :Strategi (KomponenKurikulum)
Lokasi
Wawancara :
SDN CIKANDE 1
Aspek :
Implementasi Kurikulum 2013 di SDN CIKANDE 1
TUJUAN
|
INDIKATOR
|
PERTANYAAN
|
Mengetahui Sejauh mana kesiapan sekolah
dalam melaksanakan kurikulum 2013
|
Memiliki sumber daya guru yang menunjang
penerapan 2013
|
1.
Bagaimana tahapan dan persiapan kepala sekolah sebelum menerapkan K13?
|
2.
menurut bapak/ibu bagaimana kesiapan guru dalam mengahadapi K13?
|
||
3.
Bapak/ibu sebelum penerapan K13 apakah ada pelatihan?
|
||
4.
berapa kali bapak/ibu mengukuti pelatihan K13?
|
||
5.
Bagaimana dengan buku yang siswa gunakana ketika kurikulum berubah apa
masih sama atau berbeda?
|
||
Perencanaan model-model pembelajaran didalam
Kurikulum 2013
|
6.
Ketika proses KBM berlangsung di kelas, apakah bapak/ibu menerapkan
model pembelajaran?
|
|
7.
model apakah
yang bapak/ ibu terapkan dalam proses pembelajaran?
|
||
8.
Bagaimana langkah-langkah atau adakah langkah-langkah khusus yang
bapak/ibu lakukan ketika menerapkan
model-model pembelajaran?
|
||
9.
Apakah rencana bapak/ibu dalam memotivasi dan
meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model yang bapak/ibu terapkan?
|
||
10. Bagaimana
bapak/ibu dalam
merancang model pembelajaran tematik yang ada di
K13
|
||
Menjadikan guru kreatif dalam pembelajaran
dikurikulum 2013
|
11.
Bagaimana perencanaan pembelajaran yang ideal menurut tuntutan kurikulum 2013?
|
|
12.
Jika bapak/ibu menggunakan media dalam pembelajaran pendekatan apa
yang bapak/ibu gunakan dalam media itu?
|
||
13.
Bagaimana
pemilihan media yang tepat agar siswa mudah mengerti apa yang disampaikan
oleh guru?
|
||
14.
Dalam hal
pemilihan media apakah hanya menekankan pada aspek kognitif saja atau kan pada
aspek psikomotor dan afektif?
|
||
15.
Bagaimana
rencana bapak ibu jika dalam pembelajran yang sudah menggunakan media tetapi
masih ada anak yang blum mengerti dengan materi?
|
||
16.
Hukuman apa
yang bapak/ibu berikn untuk anak yang rebut dikelas?
|
||
Berperan aktif dalam mengembangkan K13
|
17.
Menurut
Bapak/ibu apa itu K13?
|
|
18.
Bagaimana cara bapak/ibu mengembangkan
pembelajaran yang ada didalam K13?
|
||
19.
Dalam K13 tidak
menggunakan mata pelajaran tetapi menggunakan subtema apakah 1 tema habis
dengan waktu 1 hari?
|
||
20.
Menurut
bapak/ibu apa pembelajaran berbaris tema itu dan bagaimana
caramengembangkannya?
|
||
21.
Bagaimana peran
bapak/ibu dalam mengembangkan Kurikulum 2013?
|
||
Menyiapkan metode
pembelajaran
|
22.
Metode apa yang
ibu/bapak gunakan dalam proses pembelajaran K13?
|
|
23.
Rencana apa
yang bapak/ibu lakukan jika metode yang diterapkan tidak tercapai tujuan
pembelajaran yang ada di K13?
|
||
24.
Bagaimana
memilih dan menentukan pendekatan pembelajran yang baik didalam metode yang
ibu gunakan?
|
||
25.
Bagaimana
rencana bapak/ibu untuk menciptakan metode yang menarik untuk siswa
|
||
26.
Bagaimana
menciptakan belajar yang kondusif dengan metode yang bapak ibu buat?
|
||
Untuk mengetahui kopetensi dan keterampilan
guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013
|
Mampu membuat strategi pembelajran yang baik
didalam kurikulum 2013
|
27.
Strategi apa
yang digunakan dalam proses pembelajaran dikurikulum 2013?
|
28.
bagaimana
caranya strategi yanag bapak/ibu buat agar tercapainya tujuan pembelajaran di
K13?
|
||
29.
Menurut
bapak/ibu kesulitan apa yang sering ditemukan dalam membuat strategi
pembelajaran?
|
||
30.
Jika bapak/ibu
menggunakan strategi, lalu pendekatan apa yang bpaka ibu gunakan dalam proses
pembelajaran
|
||
31.
Bagaimana cara
bapak/ibu dalam memilih strategi pembelajaran yang efektif?
|
||
Menjadikan siswa sebagai
subjek belajar yang aktif
|
32.
Bagaimana
menumbuhkan rasa ingin tahu pada diri siswa ketika pembelajaran?
|
|
33.
Bagaimana cara
bapak/ibu dalam menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan
|
||
34.
Upaya apa yang
bapak/ibu lakukan jika ada salah satu siswa yang saling membuli temannya?
|
||
35.
Bagaimana cara
bapak/ibu dalam meningkatkan motivasi siswa?
|
||
36.
Bagaimana
menghilangkan kebosanan dalam diri siswa ketika lamanya pembelajaran?
|
||
37.
Bagaiamana
menurut bapak/ibu supaya anak dapat menerapkan kedisiplinan didalam kelas
|
||
Mampu membuat siswa merasa bahagia ketika
pembelajaran
|
38.
Bagaimana
menumbuhkan ras ingin tahu pada diri siswa ketika pembelajaran dimulai?
|
|
39.
Bagaimana
membuat pembelajaran di K13 menyenangkan untuk siswa?
|
||
40.
Bagaimana sikap
bapak/ibu jika ada siswa yang lari-lari didalam kelas ketika pembelajaran
dimulai?
|
||
41.
Apa yang bapak
ibu lakukan jika ada salah satu siswa yang murung dikelas?
|
||
42.
Bagaimana
menghilangkan rasa bosan siswa ketika lamanya alokasi pembelajaran?
|
||
Mampu membuat media pembelajaran dikurikulum
2013
|
43.
Pernahkah
bapak/ibu menggunakan media pembelajaran di K13 ini?
|
|
44.
Bagaimana cara
bapak/ibu dalama pemilihan media agar siswa mudah mengerti apa yang
disampaikan?
|
||
45.
Dalam hal
pemilihan media apakah hanya menekankan pada aspek kognitif saja atau dalam
aspek psikomotor dan afektif?
|
||
46.
Walaupun tidak
menggunakan media apakah tujuan pembelajaran akan tercapai?
|
||
47.
Pernahkan
bapak/ibu membuat media hasil kreasi sendiri dan pendekatan apa yang
bapak/ibu gunakan dalam pemebelajaran menggunakan media?
|
||
Mampu menjadikan guru professional dalam Kriteria
Kurikulum 2013
|
48.
Menurut
bapak/ibu apa sajakah ranah untuk mewujudkan guru yang professional?
|
|
49.
Mengapa perlu
dilakukan kinerja guru?
|
||
50.
Menurut
bapak/ibu Adakah unsur penting dalam profesi guru?
|
||
51.
Bagaimana cara
guru professional dalam memanagent kelas yang baik agar proses pembelajaran
terlaksana dengan baik?
|
||
52.
Bagaimana
pandangan bapak/ibu dengan mengenai tenaga kependidikan?
|
||
53.
Bagaimana sikap
bapak/ibu dalam mengatasi siswa yang cenderung pasif ketika pembelajaran
berlangsung?
|
||
Untuk mengetahui evaluasi penilaian dalam
proses pembelajaran dikurikulum 2013
|
Mengetahui pencapaian siswa dalam
pembelajaran di K13
|
54.
Dengan adanya
kurikulum 2013 ini apakah siswa menjadi kreatif?
|
55.
Bagaimana
prestasi siswa setelah mengikuti pemebelajaran dengan Kurikulum 2013?
|
||
56.
Dengan adanya kurikulum 2013 siswa mampu
mengembangkan keterampilan berfikirnya?
|
||
57.
menurut
bapak/ibu adakah kendala pada diri siswa dengan menggunakan K13?
|
||
58.
Bagaimana
pengaruh K13 terhadap psikologi siswa?
|
||
Mengetahui kelebihan dan kekurangan K13
|
59.
Menurut
bapak/ibu bagaimana landasan terbentuknya K13?
|
|
60.
Bagaimana
kelebihan dan kekurangan pembelajaran di K13?
|
||
61.
Bagaimana
pendapat bapak/ibu dengan perubahan kurikulum KTSP menjadi K13 disekolah?
|
||
62.
Bagaimana
menurut bapak/ibu perbedaan kurikulum 2013 dan kurikulum
sebelumnnya yaitu KTSP?
|
||
63. Menurut bapak/ibu apa manfaat dari
K13?
|
||
64. Menurut bapak/ibu apakah K13 sejalan dengan visi
misi yang ada di SDN Cikande 1?
|
||
Mengetahui sejauh mana K13 dapat dipahami
oleh guru
|
65.
Bagaimana
penilaian hasil belajar siswa dikurikulum 2013 lebih menekankan pada aspek
kognitif saja atau aspek psikomotor dan afektif ?
|
|
66. Bagaimana upaya bapak/ibu jika ada
kendala dalam proses pembelajaran di K13?
|
||
67.
Bagaimana
Pengelolaan Laporan (Raport) Hasil belajar di SDN Cikande 1 dalam kuirikulum 2013?
|
||
68.
Upaya apa yang
bapak/ibu lakukan jika metode yang diterapkan tidak tercapai tujuan
pembelajaran yang ada dikurikulum 2013?
|
||
69.
Kesulitan apa
yang bapak/ibu hadapi disaat bapak/ibu mengajarkan tema di K13?
|
||
70.
Dampak apa yang
terjadi jika salah satu siswa tingkat kognitifnya tidak menerima pembelajaran
di K13 dan upaya apa yang dilakukan bapak/ibu?
|
||
Mengetahui sejauh mana guru memahami isi
dari keseluruhan dari KI dan KD
|
71.
Bagaimana cara
bapak/ibu dalam pembelajaran K13 apakah sesuai KI dan KD yang ada di
pemerintah atau membuat sendiri dengan mengadopsi ulang KD dan KI yang ada di
K13
|
|
72.
Bagaimana
prosedur pembentukan KI dan KD ?
|
||
73.
Menurut
bapak/ibu bagaimana cara menerapkan saintific method dalam membentuk KI dan
KD?
|
||
74.
Bagaimana
dengan menilai ketercapaian KI dan KD?
|
||
75.
Menurut
bapak/ibu apa itu quatum learning dan quantum teaching?
|
||
Mengetahui sejauh maba Sekolah (SDN Cikande
1) dalam menyediakan sarana dan prasarana untuk memnunjang pembelajaran di
Kurikulum 2013
|
76.
Bagaimana
dengan sarana dan prasarana disekolah ini dalam menunjang K13, apakah sarana
prasarana menyediakan dari sekolah atau dari pemerintah?
|
|
77.
Menurut bapak/ibu
apakah sarana dan prasarana memadai dalam proses pembelajaran K13?
|
||
78.
Bagaimana
menurut bapak/ibu dengan sarana dan prasarana yang ada apakah guru mampu
mengelolah sarana dan prasarana yang ada?
|
||
79.
Bagaimana
antusias dalam sarana prasrana di SDN Cikande 1?
|
||
80.
Menurut
bapak/ibu apakah sarana prasarana sudah memenuhi kebutahan siswa?
|
||
81.
Bagaiamana jika
sarana dan prasarana di K13 tidak sepenuhnya memadai apakah akan berjalan K13
di SDN Cikande 1 ?
|
Tag :
info guru
0 Komentar untuk "DOWNLOAD INSTRUMEN WAWANCARA KURIKULUM 2013"