SOAL UTS P3D

Nama              :  I’anahtul Wafa
Kelas               : 3 A ( PGSD )
Semester          : III ( Tiga )
Mata kuliyah   : P3D

Soal !
1.      Apa tugas anda selaku calon guru SD.?
2.      Apa kegiatan yang akan dilakukan ?
3.      Bentuk kegiatan apa ?

                                                               *( Jawaban )*

1.      Apa tugas anda selaku calon guru SD?
Tugas saya selaku calon guru
·         Belajar membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis yaitu :
yang pertama membentuk sikap sehat terhadap dirinya dan yang kedua terhadap lingkungannya yang pertama terhadap dirinya yaitu dengan cara mengajarkan kepada peserta didik bagaimana cara merawat tubuh dengan baik agar tubuh sehat dan kuat tidak mudah sakit. Yaitu dengan mengajarkan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna dan cara merawat tubuh dengan cara mandi minimal tiga kali sehari dan tidak lupa menggosok gigi sesudah makan dan mau tidur. Dan yang kedua yaitu terhadap lingkungannya yaitu membuang sampah pada tempatnya membersihkan solokan. Dan tugas saya sebagai calon guru tidak hanya melakukan metode ceramah saja akan tetapi saja juga akan menggunakan metode demontrasi sebagaimana metode demontrasi adalah mempraktekan kepada peserta didik agar peserta didik bagaimana menjaga lingkungan tetap sehat, dan sadar bahwa sangat penting menjaga lingkungan itu.
·         Belajar bergaul dengan teman-teman sebayanya
    Tidak hanya itu tugas saya sebagai calon guru memperhatikan setiap peserta didik dan memahami karakteristik mereka karna setiap peserta didik mempunyai karakteristik yang berbeda-beda agar mereka bisa beradaptasi dan berinteraksi kepada teman-teman sebayanya dan membimbing agar peserta didik mampu bersosialisai dengan teman-teman sebayanya.
·         Belajar memperoleh keterampilan fisik untuk melakukan permainan yaitu dengan cara:
      Sebenarnya peserta didik juga mempunyai minat bakat yang berbeda yaitu ada yang menyukai bermain sepak bola, loncat tali dan berenang maka dari itu kita sebagai calon pendidik harus mampu melihat dalam minat dan bakat mereka. Tidak hanya itu tugas sebagai calon guru yaitu membimbing, mengajar dan melatih peserta

2.      Apa kegiatan yang dilakukan ?
Kegiatan yang akan saya lakukan sebagai calon guru SD yaitu
§  mempersiapkan membuat perencanaan tertulis yang berisi tujuan pembelajaran secara operasional materi, bentuk kegiatan belajar mengajar, metode yang digunakan, waktu, media yang digunakan pelajaran dan evaluasi.
§  Metode belajar yang digunakan harus menggunakan cara tertentu yang tepat dalam proses belajar mengajar sehingga tujuan tercapai. Metode yang saya gunakan yaitu disesuaikan dengan kondisi dan pelajaran siswa.
§  Pemberian motivasi belajar seorang guru harus selalu memberikan motivasi kepada siswa seusai pembelajaran selesai agar siswa mampu percaya diri dan giat dalam belajar
§  Pengadaan alat peraga dan perpustakan bertujuan untuk membantu siswa agar siswa memdapat gambaran yang konkrit, untuk menjelaskan materi pelajaran, untuk menarik perhatian siswa, menambah kegiatan belajar.
·         Belajar memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminnya
       Yaitu dengan cara memeberikan arahan dan pengetahuan bahwa laki-laki dan perempuan itu berbeda laki laki menggunakan celana sedangkan perempuan menggunakan rok dan memberikan pengetahuan tentang perbedaan fisik laki-laki dan perempuan
·         Belajar keterampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung
Saya sebagai calon guru kegiatan yang saya lakukan untuk peserta didik dengan cara mengajarkan mereka membaca, menulis dan berhitung apabila ada peserta didik yang belum bisa maka saya akan mengajarkannya sampai bisa bentuk kegiatannya yaitu sebelum masuk jam pelajaran peserta didik wajib belajar membaca menulis dan berhitung kepada guru kelasnya. Karena itu peserta didik diwajibkan dating lebih awal.
·Membentuk hati nurani, nilai moral dan nilai-nilai social
      Yaitu saya sebagai calon guru SD akan membentuk hati nurani memberikan pengarahan bahwa didunia ini kita harus menyayangi sesame makhluk ciptaan Allah contohnya jgn membunuh binatang karena bintang juga makhluk ciptaan Allah yang ingin hidup sama seperti kita tetapi memberikan penjelasan makhluk apa saja yang boleh dibunuh dan ada manfaat bagi sesama manusia. Mebentuk nilai moral denga cara  pembiasaan dalam prilaku sehari-hari karena dengan pembiasaan ini dapat mebentuk nilai moral pada anak, contohnya dalam pembiasaan sehari-hari anak membiasakan berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran dan sesudah belajar, berdoa sebelum makan dan susudahnya, mengucap salam kepada guru dan teman serta merapihkan bangku, mainan setelah belajar, berbaris sebelum masuk kelas kebiasaan ini yang akan mebentuk nilai moral pada anak. Dan membentuk nilai-nilai social yaitu dengan cara tolong menolong sesama teman, sikap peduli dan menghargai, saling menghormati sikap lapang dada dan berjiwa besar karena dengan membentuk sikap ini sebenarnya anak mampu mebentuk nilai social, dan saya sebagai calon guru bentuk kegiatan yang saya lakukan agar sikap itu tampak pada peserta didik dengan cara memberikan tugas kelompok dan bergotong royong membersihkan lapangan.




3.      Bentuk kegiatan apa?
·         Memberikan kebebasan yang bersifat pribadi
- Membiarkan anak melakukan hal apapun yang mereka sukai asalkan tidak membahayakan mereka dan teman disekeliling mereka agar anak membentuk sikapnya sendiri dan dapat mengembangkan kreatifitas serta keterampilan mereka dalam bidang apa.
·         Membentuk sikap anak terhadap kelompok social dan lembaga-lembaga
     -memerikan anak tugas kelompok agar dapat bersosialisai antara sesama teman sebayanya dan membiasakan anak hidup bergotong royong agar anak tidak tumbuh dalam dunianya masing-masih meberikan pengarahan bahwa manusia adalah makhluk social yang tidak bisa hidup sendiri serta membentuk sikap dan karakter anak agar tidak hidup individualisme dan mampu bekerja sama dengan orang lain karena manusia adalah makhluk social.
     Selain itu kegiatan yang akan saya lakukan sebagai calon guru ketika pembelajaran yang pertama menyiapkan siswa dan langsung berkaitan dengan materi yang akan dibahas disebut kegiatan awal pembelajaran. Sementara itu kegiatan yang tidak langsung berkaitan dengan materi atau kompetensi yang akan dibahas disebut kegiatan prapembelajaran. Kegiatan utama yang perlu dilaksanakan dalam pendahuluan pembelajaran ini diantaranya, yaitu menciptakan kondisi-kondisi awal pembelajaran yang kondusif, memberi acuan, melaksanakan kegiatan apersepsi (apperception) dan penilaian awal (pre-test). Kegiatan pendahuluan seperti sebagai berikut:
a.       Penciptaan Kondisi Awal Pembelajaran Proses pembelajaran terpadu akan berhasil dengan baik apabila guru sejak awal dapat mengkondisikan kegiatan belajar secara efektif. Upaya yang perlu dilakukan untuk mewujudkan kondisi awal pembelajaran yang efektif tersebut misalnya:
-. Mengecek atau memeriksa kehadiran siswa (presence, attendance) Sebelum kegiatan inti pembelajaran dimulai sebaiknya guru mengecek atau memeriksa terlebih. Dahulu kehadiran siswa .Jika jumlah siswa dalam satu kelas terhitung banyak maka perlu cara yang lebih praktis agar tidak terlalu menyita atau menghabiskan waktu, salahs atu cara yang dapat dilakukan guru adalah dengan menanyakan atau meminta siswa yang hadir di kelas untuk menyebutkan siswa yang tidak hadir, kemudian guru menanyakan alasan ketidakhadiran siswa yang tidak hadir tersebut.
b. Menumbuhkan kesiapan belajarsiswa (readiness) Kesiapan   belajar siswa merupakan salah satu prinsip belajar yang sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Ada beberapa alternatif yang dapatdilakukan guru dalam menciptakan kesiapan belajarsiswa, khususnya yang dilakukan pada awal pembelajaran diantaranya:
1.      Membantu atau membimbing siswa dalam mempersiapkan fasilitas dan sumber  belajar yang diperlukan dalam kegiatan belajar.
2.      Menciptakan kondisi belajar yang kondusif dan konstruktif dalam kelas.
3.      Menunjukkan sikap penuh semangat (antusiasme) dan minat mengajar yang tinggi
4.      Mengontrol (mengelola) seluruh siswa mulai dari awal pembelajaran
5.   Menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta minat dan perhatian siswa.
6.      Menentukan kegiatan belajar yang memungkinkan siswa dapat melakukannya



Tag : info guru
0 Komentar untuk "SOAL UTS P3D"

Back To Top