Nama : I’anahtul Wafa
Kelas : 3 A (
PGSD )
Semester : III (
Tiga )
Mata kuliyah : P3D
Soal !
1.
Apa
tugas anda selaku calon guru SD.?
2.
Apa
kegiatan yang akan dilakukan ?
3.
Bentuk
kegiatan apa ?
*( Jawaban )*
1.
Apa
tugas anda selaku calon guru SD?
Tugas saya selaku calon guru
·
Belajar
membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis
yaitu :
yang pertama membentuk sikap sehat terhadap dirinya dan yang kedua
terhadap lingkungannya yang pertama terhadap dirinya yaitu dengan cara
mengajarkan kepada peserta didik bagaimana cara merawat tubuh dengan baik agar
tubuh sehat dan kuat tidak mudah sakit. Yaitu dengan mengajarkan mengonsumsi
makanan empat sehat lima sempurna dan cara merawat tubuh dengan cara mandi
minimal tiga kali sehari dan tidak lupa menggosok gigi sesudah makan dan mau
tidur. Dan yang kedua yaitu terhadap lingkungannya yaitu membuang sampah pada tempatnya
membersihkan solokan. Dan tugas saya sebagai calon guru tidak hanya melakukan
metode ceramah saja akan tetapi saja juga akan menggunakan metode demontrasi
sebagaimana metode demontrasi adalah mempraktekan kepada peserta didik agar
peserta didik bagaimana menjaga lingkungan tetap sehat, dan sadar bahwa sangat
penting menjaga lingkungan itu.
·
Belajar
bergaul dengan teman-teman sebayanya
Tidak hanya itu tugas
saya sebagai calon guru memperhatikan setiap peserta didik dan memahami
karakteristik mereka karna setiap peserta didik mempunyai karakteristik yang
berbeda-beda agar mereka bisa beradaptasi dan berinteraksi kepada teman-teman
sebayanya dan membimbing agar peserta didik mampu bersosialisai dengan
teman-teman sebayanya.
·
Belajar
memperoleh keterampilan fisik untuk melakukan permainan yaitu dengan cara:
Sebenarnya peserta
didik juga mempunyai minat bakat yang berbeda yaitu ada yang menyukai bermain
sepak bola, loncat tali dan berenang maka dari itu kita sebagai calon pendidik
harus mampu melihat dalam minat dan bakat mereka. Tidak hanya itu tugas sebagai
calon guru yaitu membimbing, mengajar dan melatih peserta
2. Apa kegiatan yang dilakukan ?
Kegiatan yang akan saya lakukan sebagai calon guru SD
yaitu
§ mempersiapkan membuat perencanaan tertulis yang berisi
tujuan pembelajaran secara operasional materi, bentuk kegiatan belajar
mengajar, metode yang digunakan, waktu, media yang digunakan pelajaran dan
evaluasi.
§ Metode belajar yang digunakan harus menggunakan cara
tertentu yang tepat dalam proses belajar mengajar sehingga tujuan tercapai.
Metode yang saya gunakan yaitu disesuaikan dengan kondisi dan pelajaran siswa.
§ Pemberian motivasi belajar seorang guru harus selalu
memberikan motivasi kepada siswa seusai pembelajaran selesai agar siswa mampu
percaya diri dan giat dalam belajar
§ Pengadaan alat peraga dan perpustakan bertujuan untuk
membantu siswa agar siswa memdapat gambaran yang konkrit, untuk menjelaskan
materi pelajaran, untuk menarik perhatian siswa, menambah kegiatan belajar.
·
Belajar memainkan
peranan sesuai dengan jenis kelaminnya
Yaitu dengan cara memeberikan arahan dan
pengetahuan bahwa laki-laki dan perempuan itu berbeda laki laki menggunakan
celana sedangkan perempuan menggunakan rok dan memberikan pengetahuan tentang
perbedaan fisik laki-laki dan perempuan
·
Belajar
keterampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung
Saya sebagai
calon guru kegiatan yang saya lakukan untuk peserta didik dengan cara
mengajarkan mereka membaca, menulis dan berhitung apabila ada peserta didik
yang belum bisa maka saya akan mengajarkannya sampai bisa bentuk kegiatannya
yaitu sebelum masuk jam pelajaran peserta didik wajib belajar membaca menulis
dan berhitung kepada guru kelasnya. Karena itu peserta didik diwajibkan dating
lebih awal.
·Membentuk hati nurani, nilai moral
dan nilai-nilai social
Yaitu saya sebagai calon guru SD akan membentuk hati nurani memberikan
pengarahan bahwa didunia ini kita harus menyayangi sesame makhluk ciptaan Allah
contohnya jgn membunuh binatang karena bintang juga makhluk ciptaan Allah yang
ingin hidup sama seperti kita tetapi memberikan penjelasan makhluk apa saja
yang boleh dibunuh dan ada manfaat bagi sesama manusia. Mebentuk nilai moral
denga cara pembiasaan dalam prilaku
sehari-hari karena dengan pembiasaan ini dapat mebentuk nilai moral pada anak,
contohnya dalam pembiasaan sehari-hari anak membiasakan berdoa terlebih dahulu
sebelum memulai pelajaran dan sesudah belajar, berdoa sebelum makan dan
susudahnya, mengucap salam kepada guru dan teman serta merapihkan bangku,
mainan setelah belajar, berbaris sebelum masuk kelas kebiasaan ini yang akan
mebentuk nilai moral pada anak. Dan membentuk nilai-nilai social yaitu dengan
cara tolong menolong sesama teman, sikap peduli dan menghargai, saling menghormati
sikap lapang dada dan berjiwa besar karena dengan membentuk sikap ini
sebenarnya anak mampu mebentuk nilai social, dan saya sebagai calon guru bentuk
kegiatan yang saya lakukan agar sikap itu tampak pada peserta didik dengan cara
memberikan tugas kelompok dan bergotong royong membersihkan lapangan.
3.
Bentuk
kegiatan apa?
·
Memberikan
kebebasan yang bersifat pribadi
- Membiarkan anak melakukan hal apapun yang mereka sukai asalkan
tidak membahayakan mereka dan teman disekeliling mereka agar anak membentuk
sikapnya sendiri dan dapat mengembangkan kreatifitas serta keterampilan mereka
dalam bidang apa.
·
Membentuk
sikap anak terhadap kelompok social dan lembaga-lembaga
-memerikan anak tugas
kelompok agar dapat bersosialisai antara sesama teman sebayanya dan membiasakan
anak hidup bergotong royong agar anak tidak tumbuh dalam dunianya masing-masih
meberikan pengarahan bahwa manusia adalah makhluk social yang tidak bisa hidup
sendiri serta membentuk sikap dan karakter anak agar tidak hidup individualisme
dan mampu bekerja sama dengan orang lain karena manusia adalah makhluk social.
Selain itu kegiatan yang
akan saya lakukan sebagai calon guru ketika pembelajaran yang pertama menyiapkan
siswa dan langsung berkaitan dengan materi yang akan dibahas disebut kegiatan awal
pembelajaran. Sementara itu kegiatan yang tidak langsung berkaitan dengan materi
atau kompetensi yang akan dibahas disebut kegiatan prapembelajaran. Kegiatan utama
yang perlu dilaksanakan dalam pendahuluan pembelajaran ini diantaranya, yaitu menciptakan
kondisi-kondisi awal pembelajaran yang kondusif, memberi acuan, melaksanakan kegiatan
apersepsi (apperception) dan penilaian awal (pre-test). Kegiatan pendahuluan seperti
sebagai berikut:
a.
Penciptaan
Kondisi Awal Pembelajaran Proses pembelajaran terpadu akan berhasil dengan baik
apabila guru sejak awal dapat mengkondisikan kegiatan belajar secara efektif.
Upaya yang perlu dilakukan untuk mewujudkan kondisi awal pembelajaran yang
efektif tersebut misalnya:
-.
Mengecek atau memeriksa kehadiran siswa (presence, attendance) Sebelum kegiatan
inti pembelajaran dimulai sebaiknya guru mengecek atau memeriksa terlebih. Dahulu
kehadiran siswa .Jika jumlah siswa dalam satu kelas terhitung banyak maka perlu
cara yang lebih praktis agar tidak terlalu menyita atau menghabiskan waktu,
salahs atu cara yang dapat dilakukan guru adalah dengan menanyakan atau meminta
siswa yang hadir di kelas untuk menyebutkan siswa yang tidak hadir, kemudian
guru menanyakan alasan ketidakhadiran siswa yang tidak hadir tersebut.
b. Menumbuhkan kesiapan belajarsiswa (readiness) Kesiapan belajar siswa merupakan salah satu prinsip belajar yang sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Ada beberapa alternatif yang
dapatdilakukan guru dalam menciptakan kesiapan belajarsiswa, khususnya yang dilakukan pada awal pembelajaran diantaranya:
1.
Membantu atau membimbing siswa dalam mempersiapkan
fasilitas dan sumber belajar yang diperlukan dalam kegiatan belajar.
2.
Menciptakan kondisi belajar yang kondusif dan konstruktif dalam kelas.
3.
Menunjukkan sikap penuh semangat (antusiasme) dan minat mengajar yang tinggi
4.
Mengontrol (mengelola) seluruh siswa mulai dari awal pembelajaran
5.
Menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta minat dan perhatian siswa.
6.
Menentukan
kegiatan belajar yang memungkinkan siswa dapat melakukannya
Tag :
info guru
0 Komentar untuk "SOAL UTS P3D"