DOWNLOAD RPP IPA KELAS 5



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP)



Nama Sekolah     : SD Negeri Cembeh
Mata Pelajaran     : IPA
Kelas / Semester  : VB / 1
Alokasi Waktu     : 1 x Pertemuan (2x35 menit)
                                                  
A.      Standar Kompetensi
3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
B.   Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu  untuk    mempertahankan hidup
C.  Indikator
3.1.1        Menjelaskan cara hewan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya untuk memperoleh makanan
3.1.2        Menyebutkan cara hewan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya untuk melindungi diri dari musuhnya
D.      Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui penjelasan guru siswa dapat  menjelaskan cara hewan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya untuk memperoleh makanan
2.    Melalui Tanya jawab siswa dapat Menyebutkan cara hewan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya untuk melindungi diri dari musuhnya
E.       Karakter Yang Di Harapkan
1.    Rasa ingin tahu
2.    Percaya diri
3.    Bertanggung Jawab
 F.   Materi Pokok
Adaptasi Hewan Dengan Lingkungannya
   Adaptasi merupakan sebuah penyesuaian dari makhluk hidup dengan lingkungannya. Adapun tujuan dari makhluk hidup melakukan adaptasi adalah untuk mempertahankan hidup dan melestarikan jenisnya. dikarenakan lingkungan makhluk hidup itu berbeda-beda, maka cara makhluk hidup untuk menyesuaikan diri pun berbeda-beda. Seperti bentuk alat tubuhnya, cara mendapatkannya, tingkah lakunya pun berbeda-beda sesuai dengan lingkungannya itu. 
   Cara hewan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya ada tiga cara, yaitu sebagai berikut :
1. Adaptasi Morfologi
   Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh atau alat-alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Adaptasi morfologi ini merupakan jenis adaptasi yang paling mudah untuk diamati. Misalnya bentuk paruh burung yang berbeda-beda, bentuk mulut serangga yang berbeda-beda, bentuk kaki berbagai jenis burung berbeda-beda, dan lain sebagainya.
a. Burung
   Setiap jenis burung, makanannya berbeda-beda. Ada yang berupa cairan madu (nektar), biji-bijian, atau daging. Oleh karena itu, bentuk paruh yang dimiliki oleh setiap jenis burung juga berbeda-beda.
1.      Burung pipit mempunyai paruh pendek dan kuat. Bentuk paruh ini sesuai untuk memakan jenis biji-bijian. Paruh ini berfungsi menghancurkan biji tersebut.
2.      Burung elang mempunyai paruh kuat, tajam, dan melengkung bagian ujungnya. Paruh seperti ini sesuai untuk mencabik mangsanya.
3.      Bebek mempunyai paruh yang berbentuk seperti sudu. Bentuk paruh seperti ini sesuai untuk mencari makanan di tempat yang becek, berlumpur, atau di dalam air.
4.      Burung pelatuk mempunyai paruh yang panjang, kuat, dan runcing yang berguna untuk mencari serangga yang bersembunyi di kulit pohon, dalam lubang pohon, atau pada batang pohon yang lapuk.
5.      Burung kolibri memiliki paruh yang berbentuk runcing dan juga panjang. Bentuk paruh seperti ini memudahkan burung kolibri menghisap nektar.
6.      Burung pelikan mempunyai paruh berkantong. Paruh demikian memudahkannya untuk menangkap ikan dalam air.
   Selain dari bentuk paruh, kaki pada berbagai burung juga mempunyai bentuk bermacam-macam. Berbagai macam bentuk dari kaki burung tersebut merupakan salah satu bentuk penyesuaian terhadap cara memperoleh makanan.
1.      Kaki burung kakaktua untuk memanjat. Selain itu, juga untuk memegang makanan.
2.      Kaki ayam untuk mengais tanah saat mencari makanan.
3.      Burung elang mempunyai kaki kuat dengan kuku tajam. Kaki ini untuk mencengkengkeram mangsanya.
4.      Burung pipit mempunyai kaki langsing untuk bertengger.
5.      Kaki bebek dan pelikan berselaput sehingga cocok untuk berenang di air.
6.      Burung pelatuk mahir dalam hal memanjat karena bentuk kakinya sesuai untuk memanja
b.Serangga
   Serangga mempunyai cara khusus untuk memperoleh makanan. Misalnya, mulut kupu-kupu mempunyai alat penghisap. Oleh karena itu, mulutnya dinamakan mulut penghisap. Kupu-kupu menggunakan mulut ini untuk menghisap nektar(sari madu) pada bunga. Bentuk alat penghisap itu menyerupai belalai yang dapat digulung dan dijulurkan. Nyamuk mempunyai bentuk mulut penusuk dan penghisap. Mulut ini digunakan untuk menghisap makanan berupa darah manusia maupun hewan. Mulut nyamuk berbentuk tabung panjang dan tajam (runcing) yang berguna menusuk kulit manusia atau hewan. Jangkrik mempunyai bentuk mulut penggigit dan pengunyah. Mulut ini memiliki gigi-gigi kecil untuk mengunyah makanan berupa daun. Lalat rumah mempunyai alat penyerap pada mulutnya. Alat penyerap ini mirip spons (gabus). Alat ini berfungsi untuk menyerap makanan terutama yang berupa cairan.
c. Unta
     Unta hidup di daerah padang pasir yang gersang, kering, dan panas. Bentuk dan susunan tubuh unta sesuai dengan keadaan alam di padang pasir. Ketika minum unta mampu meneguk air dalam jumlah banyak. Air tersebut disimpan sebagai cairan tubuh. Unta memiliki punuk. Punuk unta berisi makanan cadangan. Makanan cadangan tersebut berupa lemak. Jika tidak memperoleh makanan, unta akan menggunakan makanan cadangan tersebut. Dengan demikian, unta mampu bertahan hidup meskipun kekurangan makanan.
d.Cumi-Cumi
   Cumi-cumi melindungi diri dari musuhnya dengan cara menyemburkan cairan, seperti tinta ke dalam air. Hal ini menyebabkan musuh yang menyerangnya tidak dapat melihatnya dan ia dapat berenang dengan cepat untuk menghindari musuhnya tersebut.
e. Cecak
    Untuk melindungi diri dari serangan musuh, cecak memutuskan ekornya. Bagian ekor yang putus ini dapat bergerak-gerak sehingga mengalihkan perhatian musuhnya. Saat itulah ia pergi melarikan diri.
F.                                                                                                       F. Kegiatan Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi
1.        Guru mempersiapkan bahan sumber dan media pembelajaran
2.        Guru mengucapkan salam
3.        Guru mengajak siswa berdoa bersama dan dipimpin oleh ketua kelas
4.        Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa
5.        Guru mengabsen siswa
6.         mengajak siswa Bernyanyi unuk cicak-cicak di dinding”
7.         Melaksanakan apersepsi dengan mengadakan Tanya jawab yang   
           berhubungan dengan materi pembelajaran.
    Pertanyaan yang diajukan adalah :
1)  Masih ingatkah kalian, mahluk hidup terdiri dari apa saja ?
2)  Salah satu mahluk hidup adalah hewan, siapa yang bisa menyebutkan nama-nama hewan ?
3)  Apa yang diperlukan hewan supaya tetap hidup ?
8.        Guru menggali informasi dari apersepsi.
9.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B.     Kegiatan Inti (30 menit)
Ekplorasi
10.    Guru menyajikan berbagai macam gambar hewan
11.    Anak mengamati bebagai macam gambar hewan tersebut
12.    siswa diminta menyebutkan gambar-gambar tersebut oleh guru
13.    Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya melalui penjelasan dan tanya jawab .
14.    siswa dan guru melakukan Tanya jawab tentang gambar yang telah dilihat oleh siswa
15.    guru menyampaikan materi pembelajaran
16.    siswa menyimak apa yang disampaikan oleh guru
Elaborasi
17.                           Guru membagi anak menjadi beberapa kelompok.
18.                           Guru membagikan LKS yang harus dikerjakan anak secara berkelompok
19.     Secara berkelompok siswa berdiskusi tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan    lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya.
20.                           Siswa melaporkan hasil diskusi di depan kelas, siswa yang lain menanggapi.
                  Konfirmasi
21.                           Siswa dan guru membahas hasil LKS yang dikerjakan oleh siswa
22.     Guru memberikan umpan balik kepada siswa terkait dengan materi yang    dipelajarinya.
23.                         Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
C.    Kegiatan Penutup (10 menit)
24.                         Guru dan siswa membuat kesimpulan pembelajaran mengenai meteri yang telah  dipelajari
25.                         Guru mengajak semua siswa berdoa sama-sama sesuai, untuk mengakhiri pembelajaran hari ini dan yang dipimpin oleh ketua kelas.
G.                                                                                                 G.     Sumber/Media Pembelajaran
1.    Gambar hewan
2.    Buku Paket IPA Kelas 5  Penerbit Yudhistira
H.           Metode pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Tanya jawab
3.    Pengamatan
I.              Model pembelajaran 
       Kooperatif Tipe STAD  
J.     Penilaian
       Teknik Penilaian
a)         Tes Tulis berupa soal
b)        Kriteria Penilaian
Soal !
Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar!
1.        Apa ciri-ciri penyesuian unta terhadap habitatnya?
2.        Selain untuk mendengar telinga gajah juga berfungsi untuk?
3.        Sebutkan upaya cicak dalam melindungi diri dari musuhnya?
4.        Fungsi gigi taring pada hewan pemakan daging yaitu?
5.        Bagaimana hewan herbivora dan omnivora makan makanannya?
Kunci Jwaban
1.        Ciri-ciri untuk dalam penyesuain habitatnya yaitu punuk untuk yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air.
2.        Melepaskan kelebihan panas
3.        Memutuskan ekornya (autotomi)
4.        Menggigit dan mencabik mangsanya
5.        Hewan herbivora makan tumbuhan dengan menggunakan gigi untuk sedangkan hewan omnivora menggunakan untuk memakan daging dan tumbuhan
Guru Pamong



HELMIYATI, S.Pd
NIP.197004251991032002


                                                     




           


Mengetahui
Kepala Sekolah


ETI SUHESTI, M.Pd
NIP. 196803251991032010





Ciruas, 30 Oktober 2017
Guru Praktikan


I’ANAHTUL WAFA
NIM: 2227142353









0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP IPA KELAS 5"

Back To Top