RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SD Negeri Bendung
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semester : IV / 1
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (2x35 menit)
Standar
Kompetensi
2. Memahami
hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
Kompetensi
Dasar
2.1 Menjelaskan
hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
Indikator
2.1.1
Menjelaskan
bagian-bagian akar
2.1.2
Menyebutkan
jenis-jenis akar
2.1.3
Menyebutkan
fungsi bagian-bagian akar
2.1.4
Mencontohkan
tumbuhan yang memiliki akar tunggang dan serabut
I.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
siswa mengikuti pembelajaran ini siswa diharapkan dapat
1.
Menjelaskan
bagian-bagian akar
2.
Menyebutkan
jenis-jenis akar
3.
Menyebutkan
fungsi bagian-bagian akar
4.
Mencontohkan
tumbuhan yang memiliki akar tunggang dan serabut
II.
Materi
Pokok
Fungsi akar dan bagian-bagian akar
(terlampir)
III.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
|
Deskripsi Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Apersepsi
Guru mempersiapkan
bahan sumber dan media pembelajaran
Guru mengucapkan
salam
Guru mengajak siswa
berdoa bersama dan dipimpin oleh ketua kelas
Guru menyapa dan
menanyakan kabar siswa
Guru mengabsen siswa
· Apersepsi “anak-anak coba sebutkan
tumbuhan yang pernah kalian temukan?”
Guru menggali informasi
dari apersepsi.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
2
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
Guru bertanya kepada
siswa apa saja bagian-bagian dari tumbuhan yang mereka sebutkan tadi
Guru menjelaskan
materi pelajaran dengan menggunakan media pembelajaran.
· Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan.
· Siswa bersama guru
bertanya jawab mengenai materi bagian-bagian akar dan fungsinya.
Guru 3 orang siswa
untuk menyebutkan bagian-bagian akar serta fungsinya.
gu
Elaborasi
Guru membagi siswa
kedalam beberapa kelompok secara heterogen
Guru memberikan tugas
berupa LKS untuk melakukan pengamatan diluar kelas
Dengan bimbingan guru
siswa melakukan pengamatan
Siswa
mendiskusikannya bersama teman kelompoknya.
Setelah
melakukan pengamatan dan diskusi
Guru berkeliling
memantau perkembangan belajar dan membantu siswa yang mengalami kesulitan
dalam mengerjakan tugas kelompok yang diberikan guru.
Setiap perwakilan kelompok disuruh maju
didepan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusi yang telah mereka kerjakan
dan kelompok lain memberikan tanggapan.
Guru meluruskan
pemahaman yang telah siswa dapat
Konfirmasi
Siswa dan guru membahas hasil diskusi kelompok.
· Guru meluruskan kesalah pahaman siswa.
· Guru memberikan umpan balik kepada siswa
terkait dengan materi yang dipelajarinya.
· Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
tentang materi yang belum dimengerti.
|
30
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Siswa membuat kesimpulan pembelajaran
mengenai meteri yang telah dipelajari
Guru mengajak semua siswa berdoa
sama-sama sesuai, untuk mengakhiri pembelajaran hari ini dan yang dipimpin
oleh ketua kelas menurut kepercayaannyadan agamanya masing-masing dipimpin oleh ketua kelas.
|
3
menit
|
I.
Tempat
Pembelajaran
-
Ruang kelas IV
-
II.
Media
Pembelajaran
-
Akar, gambar
III.
Metode
pembelajaran
-
Diskusi kelompok
-
Tanya jawab
-
Pengamatan
IV.
Model
pembelajaran
-
Kooperatif
Learning
V. Penilaian Kognitif (terlampir)
a.
Penilaian Produk
Teknik
penilaian : Tes
1)
Jenis : Tertulis
2)
Bentuk : Essay dan Pilihan Ganda
b. Penilaian Proses
Teknik
penilaian : non tes (pengamatan)
1.
Penilaian Afektif
(terlampir)
Teknik
penilaian: non tes (pengamatan)
2.
Penilaian Psikomotorik
(terlampir)
Teknik
penilaian : non tes (pengamatan)
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Drs.
Nasuchi
NIP. 196306161984101005
|
|
Serang, 28 Maret 2017
Guru Kelas IV A
I’Anahtul Wafa
NIM: 2227142353
|
Tag :
Download rpp ktsp
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP IPA KELAS IV SD "