DOWNLOAD RPP IPA KELAS IV SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Nama Sekolah     : SD Negeri Bendung
Mata Pelajaran     : IPA
Kelas / Semester  : IV / 1
Alokasi Waktu     : 1 x Pertemuan (2x35 menit)
                                                  
Standar Kompetensi
2.      Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
Kompetensi Dasar
2.1  Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya

Indikator
2.1.1        Menjelaskan bagian-bagian akar
2.1.2        Menyebutkan jenis-jenis akar
2.1.3        Menyebutkan fungsi bagian-bagian akar
2.1.4        Mencontohkan tumbuhan yang memiliki akar tunggang dan serabut
I.                   Tujuan Pembelajaran
Setelah siswa mengikuti pembelajaran ini siswa diharapkan dapat
1.               Menjelaskan bagian-bagian akar
2.               Menyebutkan jenis-jenis akar
3.               Menyebutkan fungsi bagian-bagian akar
4.               Mencontohkan tumbuhan yang memiliki akar tunggang dan serabut
II.                            Materi Pokok
           Fungsi akar dan bagian-bagian akar (terlampir)




III. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Deskripsi Pembelajaran
Alokasi Waktu


Kegiatan Awal







Apersepsi
Guru mempersiapkan bahan sumber dan media pembelajaran
Guru mengucapkan salam
Guru mengajak siswa berdoa bersama dan dipimpin oleh ketua kelas
Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa
Guru mengabsen siswa
·         Apersepsi anak-anak coba sebutkan tumbuhan yang pernah kalian temukan?”
 Guru menggali informasi dari apersepsi.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru bertanya kepada siswa apa saja bagian-bagian dari tumbuhan yang mereka sebutkan tadi
Guru menjelaskan materi pelajaran dengan menggunakan media pembelajaran.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan.
·         Siswa bersama guru bertanya jawab mengenai materi bagian-bagian akar dan fungsinya.
Guru 3 orang siswa untuk menyebutkan bagian-bagian akar serta fungsinya.
gu
Elaborasi
Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok secara heterogen
Guru memberikan tugas berupa LKS untuk melakukan pengamatan diluar kelas
Dengan bimbingan guru siswa melakukan pengamatan
Siswa mendiskusikannya bersama teman kelompoknya.
Setelah melakukan pengamatan dan diskusi
Guru berkeliling memantau perkembangan belajar dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas kelompok yang diberikan guru.
Setiap perwakilan kelompok disuruh maju didepan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusi yang telah mereka kerjakan dan kelompok lain memberikan tanggapan.
Guru meluruskan pemahaman yang telah siswa dapat
Konfirmasi
Siswa dan guru membahas hasil diskusi kelompok.
·        Guru meluruskan kesalah pahaman siswa.
·         Guru memberikan umpan balik kepada siswa terkait dengan materi yang dipelajarinya.
·         Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.

30 menit
Kegiatan Penutup




Siswa membuat kesimpulan pembelajaran mengenai meteri yang telah dipelajari
Guru mengajak semua siswa berdoa sama-sama sesuai, untuk mengakhiri pembelajaran hari ini dan yang dipimpin oleh ketua kelas menurut kepercayaannyadan agamanya masing-masing  dipimpin oleh ketua kelas.

3 menit

I.                                           Tempat Pembelajaran
-                         Ruang kelas IV
-                          
II.                                        Media Pembelajaran
-                         Akar, gambar

III.                                     Metode pembelajaran
-                         Diskusi kelompok
-                         Tanya jawab
-                         Pengamatan
IV.                                  Model pembelajaran 
-             Kooperatif Learning

V.   Penilaian Kognitif (terlampir)
a.       Penilaian Produk
Teknik penilaian : Tes
1)            Jenis : Tertulis
2)            Bentuk : Essay dan Pilihan Ganda
b.   Penilaian Proses
Teknik penilaian : non tes (pengamatan)
1.                     Penilaian Afektif (terlampir)
Teknik penilaian: non tes (pengamatan)
2.                           Penilaian Psikomotorik (terlampir)
Teknik penilaian :  non tes (pengamatan)


Mengetahui         
Kepala Sekolah,

Drs. Nasuchi
NIP. 196306161984101005


                                                     




           



Serang, 28 Maret 2017
Guru Kelas IV A


I’Anahtul Wafa
NIM: 2227142353






0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP IPA KELAS IV SD "

Back To Top