RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Sekolah Dasar Negeri Banjar Agung 4
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV
/ I
Alokasi
Waktu : 1
X Pertemuan (1 X 10 Menit)
A. Standar Kompetensi
Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis
Makanannya
B. Kompetensi Dasar
Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis
Makanannya
C.
Indikator
1. Menjelaskan macam – macam hewan berdasarkan jenis
makanannya.
2. Menjelaskan hewan karnivora, herbivora, dan
omnivora.
3. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
D. Tujuan
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. Menjelaskan macam – macam hewan berdasarkan jenis makanannya.
2. Menjelaskan hewan karnivora, herbivora, dan omnivora.
3. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
II. Materi
Menggolongkan Hewan berdasarkan makanannya
III. Metode Pembelajaran
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1 Kegiatan Awal
Apersepsi :
§ Guru mengucapkan salam
§ Guru meminta siswa untuk berdoa bersama-sama dan menanyakan kabar siswa
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
§ Guru mengadakan apersepsi dan memberikan beberapa pertanyaan. Seperti:
a. Siapa diantara kalian yang mempunyai hewan peliharaan dirumah?
b. Sebutkan hewan apa yang kalian pelihara ?
c. Apa makanan hewan yang kalian pelihara ?
2. Kegiatan
Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi:
·
Guru membuat pertanyaan kepada siswa
dengan menuliskan beberapa hewan yang siswa ketahui beserta makanannya.
·
Guru menunjuk salah satu siswa maju
kedepan untuk membacakan hasil penemuanya
·
Guru meluruskan pengetahuan siswa
tentang penggolangan hewan berdasarkan makananya dengan tanya jawab
·
Guru meperjelas materi penggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya dengan media gambar
·
Menjelaskan klasifikasi dan
ciri-ciri hewan herbivora, karnivora, dan omnivora
v Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi:
·
guru membentuk siswa menjadi 3 kelompok. dengan
cara berhitung 1 samapi 5
·
guru membagikan kertas karton yang ada kepada
setiap kelompok
·
guru memberikan perintah kepada masing-masing
kelompok untuk mengambil gambar yang telah disediakan di kotak ajaib.
·
guru meminta kepada masing-masing kelompok
untuk mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
dan guru
meminta siswa untuk menempelkannya di karton yang telah disediakan.
Lalu siswa
mendiskusikannya.
·
Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya
v Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi :
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa.
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan.
·
Guru memberikan tugas kepada siswa.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup :
§ Siswa
bersama – sama dengan guru membuat
kesimpulan pembelajaran (hasil belajar)
§ Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
§ Guru
mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing,
untuk mengakhiri pembelajaran hari ini dan dipimpin oleh ketua kelas.
V. Sumber dan Alat Pembelajaran
Ø Sumber
Pembelajaran : Buku paket IPA SD/kelas 4 Erlangga
Ø Media
Pembelajaran : Gambar hewan
VI. Penilaian
Ø Intrumen
penilaian
Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan benar !
Soal : skor
1. Apa yang dimaksud
dengan karnivor ? 10
2. Apa yang dimaksud dengan
herbivor ? 10
3. Apa yang
dimaksud dengan omnivor ? 10
4. Tuliskan 5 macam
hewan pemakan daging ? 10
5. Tuliskan 4 macam
hewan pemakan segala ? 10
Kunci jawaban
1. Hewan yang makanannya daging atau hewan lain
2. Hewan yang makanannya tumbuhan
3. Hewan yang makanannya segala yaitu tumbuhan dan daging atau hewan lain
4. singa, Harimau,
anjing, kucing
5. Bebek, ayam, tikus, panda
Pedoman Penilaian
Jika jawaban tepat mendapat skor 10, jika jawaban
salah mendapat skor 0 dan skor maksimal 100
NA = skor perolehan x
100
Skor maksimal
Mengetahui Serang, 19 April 2014
Kepala
Sekolah Guru Mapel IPA
Ari Ramadhan I’anahtul wafa
NIP
: 1209.11.06511 NIP
: 1209.11.06510
Tag :
Download rpp ktsp
1 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP IPA KELAS IV"