RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri Cikande 1
Kelas / Semester : 4 / 2 (Dua)
Tema 5 : Pahlawanku
Subtema 2 : Pahlawanku Kebangganku
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
IPS
Kompetensi
Dasar (KD)
3.1 Mengenal
manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1 Menceriterakan
tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar
ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan
pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya.
Indikator
:
3. 1. 1 Menjelaskan asal tokoh, perjuangan dan perilaku yang bisa
dicontoh dari pahlawan 4. 1. 2 Menceritakan
pentingnya menghargai perjuangan Ir. soekarno
PPKN
Kompetensi
Dasar (KD)
3.
2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
4. 2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah,
sekolah dan masyarakat
Indikator
:
3.
2. 1 Menjelaskan
kewajiban pada saat upacarara bendera
3. 2. 2 Menjelaskan pentingnya melaksanakan kewajiban upacarara
4.
2. 1 Menceritakan pengalamannya melakukan tugas dalam upacara
bendera
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar (KD)
3. 5 Menggali
informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4. 5 Mengolah
dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
Indikator
:
3.
5. 1 Menjawab pertanyaan berdasarkan dialog
4.
5. 1 Siswa bisa menjelaskan isi dialog yang dibacanya
SBdP
Kompetensi
Dasar (KD)
3. 2 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan
gerak tangan
4. 5 Menyanyikan
lagu dengan
gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
Indikator
:
3. 2. 1 Membedakan
panjang pendek bunyi
4. 5. 1. menyanyikan
lagu Nasional dengan panjang pendek nada yang benar
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca teks , siswa mampu menjelaskan perjuangan yang
sudah dilakukan oleh Ir. Soekarno dengan rinci.
2.
Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan sikap yang bisa
dicontoh dari Ir Soekarno dengan rinci.
3.
Setelah membaca teks, siswa mampu menjawab pertanyaan
berdasarkan teks dengan benar.
4.
Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan isi teks dengan
benar.
5.
Setelah berdiskusi siswa mampu menjelaskan sikap yang harus
dilakukan (kewajiban) pada saat upacarara bendera dengan benar.
6.
Setelah memilih pengalamanny, siswa dapat menjelaskan pentingnya upacara
bendera dengan detail.
7.
Setelah berdiskusi siswa mampu menjelaskan pentingnya
melaksanakan kewajiban upacarara bendera dengan benar.
8.
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu
membedakan panjang pendek nada dengan benar.
9.
Setelah mendengarkan contoh dari guru, siswa mampu
menyanyikan lagu Hari Merdeka dengan nada yang benar.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Mengenal pahlawan Ir. Soekarno
2.
Menjelaskan pentingnya upcara bendera
3.
Menyanyikan lagu “Hari Merdeka”g
4.
Menjelaskan dialog tentang 17 agustus
F. METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
¡
Model : menceritakan kembali
¡
Strategi
: Kooperatif
Learning
G. MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Pahlawanku
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
§ Buku Siswa Tema : Pahlawanku
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
§ Gantungan pintar didalamnya Gambar Ir. Soekarno
§
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.
Guru membuka pelajaran
dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka
3.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Pahlawanku”.
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
6.
Siswa membaca teks tentang pahlawan Ir Soekarno.
7.
Siswa membaca teks dengan
mengaplikasikan keterampilan membaca yang sudah dipelajarinya.
8.
Guru meminta tiga orang maju
ke depan untuk menecritakan kembali dengan kata-kata sendiri teks yang telah
dibacanya.
9.
Siswa secara individu menuliskan
dalam bentuk peta pikiran: nama tokoh, asal, perjuangan yang dilakukan,dan
perilaku yang pantas di tiru dari pahlawan Ir Soekarno. Siswa menukarkan
jawaban dengan teman pasangannya.
10. Guru meminta dua atau tiga siswa untuk maju ke depan kelas menjelaskan
peta pikiran yang dibuat.
11.
Siswa membaca dialog tentang upacara
bendera. Siswa bisa membaca nyaring
secara bergantian.
12.
Guru bisa melihat kemampuan membaca setiap siswa. Guru
mengingatkan penggunaan tanda titik dan koma pada saat membaca.
13.
Siswa menjawab petanyaan tentang
upacarara bendera (di buku siswa)
14. Siswa dibagi dalam 4 kelompok. Setiap kelompok akan mendiskusikan tentang
sikap yang harus dilakukan pada saat upacarara
bendera
15.
Siswa memberikan pertanyaan dan memberikan komentar dari hasil
pekerjaan temannya.
16.
Siswa menyanyikan lagu “ Hari Merdeka” dengan tinggi
rendah nada yang benar.
17. Siswa akan
berdiskusi dengan kelompoknya mengenai isi lagu tersebut.
18.
Secara berkelompok siswa menuliskan
hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengisi kemerdekaan.
|
150 menit
|
Penutup
|
19. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
20. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
21. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
22.
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
I. PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. IPS : Peta pikiran Pahlawan Ir. Soekarno
dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
|
YA
|
Tidak
|
Menuliskan
nama, tempat lahir dari Ir Soekarno dengan benar
|
|
|
Menuliskan perjuangan yang dilakukan
oleh Ir Soekarno dengan benar
|
|
|
Menuliskan
sikap dari Ir Soekarno
|
|
|
2. Bahasa
Indonesia dan PPKn : upacarara bendera di sekolah
Kriteria
|
YA
|
Tidak
|
Siswa
menuliskan isi dialog dengan benar
|
|
|
Siswa
menuliskan makna upacarar bendera di sekolah
|
|
|
Siswa
menuliskan alasan di adakan upacara bendera di sekolah
|
|
|
Siswa menuliskan sikap yang baik
saat upacara di sekolah
|
|
|
3. Menyanyikan lagu Hari Merdeka
Kriteria
|
YA
|
Tidak
|
Menyanyikan
dengan nada yang tepat
|
|
|
Menyanyikan
dengan panjang pendek bunyi yang tepat
|
|
|
Menyanyanyikan
dengan birama yang tepat
|
|
|
3. Penilaian sikap akan dinilai dengan lembar penilaian (kepahlawanan).
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Santun
|
Tanggung Jawab
|
Berani
|
||||||||||
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
Beni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Siti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Dayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
BT : Belum Terlihat
T : Terlihat
M : Menonjol
Berilah dengan centang (ΓΌ) pada kolom yang sesuai
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( Siti Laela S.Pd.,M.Pd )
NIP.
|
|
Serang, 30 November 2016
Guru Kelas IV B
(
NIP.
|
Tag :
Kumpulan RPP K13
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP K13 TEMA 5 KELAS 4 "