RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS I
SATUAN PENDIDIKAN : SDN
Cembeh
KELAS / SEMESTER :
1B / 1
TEMA / SUB TEMA :
3. Kegiatanku / 1. Kegiatan Pagi Hari
Pembelajaran :
5
ALOKASI WAKTU : 5 X 35 Menit
A.Kompetensi
Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan anggota keluarga, teman, dan
guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptahan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
KD
B. Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf,
tolong, dan pemberian pujian, ajakan,
pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang laindengan menggunakan
bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata
bahasa daerah
4.8 Mengucapkan ungkapan terima kasih, permintaan
maaf, tolong, dan
pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain
secara lisan dan tulis.
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai
banyak anggota suatu
kumpulan obyek.
3.2 Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat
penyusun lambang
bilangan menggunakan
kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian
dengan banyak anggota kumpulan obyek yang disajikan
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan
banyak
anggota suatu
kumpulan obyek dengan ide nilai tempat
INDIKATOR
B. Indonesia
3.8.1 Menunjukkan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulisan dengan
tepat
4.8.1 Menggunakan ungkapan permintaan tolong lisan
atau tulis dengan tepat
Matematika
3.1.2 Membilang secara urut, bilangan 11 sampai dengan 20 dengan
bantuan benda konkret
3.2.2 Mengenal lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat
4.1.2 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan
(11 sampai dengan 20)
4.2.2 Menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan
permintaan tolong yang ada dalam percakapan dengan tepat.
2.
Melalui kegiatan bercakap-cakap siswa mampu memeragakan ungkapan
permintaan tolong dengan tepat.
3.
Dengan menggunakan benda-benda konkret/gambar siswa dapat membilang
11 sampai dengan 20 secara urut dengan tepat.
4.
Dengan menggunakan gambar dan kartu bilangan siswa mampu
menunjukkan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat.
5.
Dengan menggunakan benda-benda konkret/gambar, siswa dapat
mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 11 sampai dengan 20 yang
ditentukan, dengan tepat.
6.
Dengan menggunakan lembar latihan soal siswa mampu menuliskan
lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat.
D.
MATERI PELAJARAN
1. Percakapan yang
memuat ungkapan permintaan tolong sesuai tema
2. Menuliskan dan
mencocokkan lambang bilangan 11-20 sesuai jumlah benda lewat
permainan dan mengurutkan lambang
bilangan
E. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik, kolaboratif
2.
Metode : Tanya jawab, Demonstrasi, Kerja kelompok,
Diskusi,Peragaan
F. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.
Buku teks
2.
Tayangan berita berupa video /berita radio/artikel dari koran atas lagi]]]]]]]
3.
Kardus bekas
4.
Kartu-kartu bilangan 11 sampai dengan 20
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
a. Kegiatan Pembuka ( 10 menit )
1.
Guru menyapa siswa dan mengkondisikan kelas agar siap untuk belajar
2.
Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3.
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan
dengan pelajaran yang akan disampaikan.
4.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan
belajar.
5.
Siswa menyimak penjelasan kegiatan yang akan dilakukan
dan tujuan kegiatan belajar yang akan dilakukan hari ini
b. Kegiatan Inti ( 150 menit )
Ayo Berlatih
6.
Siswa menyimak dulu teks percakapan yang dibacakan
oleh guru
7.
Setelah membacakan teks percakapan tersebut guru
meminta siswa mencermati ungkapan permintaan tolong yang ada pada percakapan
tersebut.
8.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang ciri-ciri
ungkapam permintaan tolong serta fungsinya dalam komunikasi sehari-hari.
9.
Lalu beberapa siswa diminta memberi contoh ungkapan
permintaan tolong yang biasa
disampaikan, baik dirumah maupun di sekolah.
10.
Setelah siswa memahami ungkapan permintaan tolong,
siswa diminta menyusun sendiri ungkapan permintaan tolong. Guru memberi waktu
kepada siswa untuk berlatih.
11.
Kemudian guru meminta siswa satu persatu menyampaikan
ungkapan permintaan tolongnya didepan kelas .
12.
Guru meminta siswa lain menyimak temannya.
13.
Setelah selesai guru meminta siswa melakukan refleksi
kegiatan yang telah mereka lakukan.
Ayo Berlatih
14.
Setelah itu guru mengingat kembali tentang bilangan 11
sampai dengan 20 lewat permainan mengelompokan mengelompokan benda-benda.
15.
Guru menyiapkan 4 buah kardus (kardus kemasan bekas).
Di dalam kardus itu guru sudah memasukan 21 sendok plastik, dan 21 garpu
plastic, 21 piring kertas, dan 21 gelas plastic. (jumlah kelompok dan jumlah
kardus dapat disesuaikan dengan kondisi kelas).
16.
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing
kelompok diberi 1 kardus siswa duduk melingkar kardus masing-masing kelompok.
17.
Guru menjelaskan prosedur permainannya yaitu guru akan
mengintruksikan kepada masing-masing kelompok untuk mengambil benda yang di
dalam kardus sesuai dengan bilangan yang ditentukan guru. Dalam hitungan 3
(atau dengan ditantai bunyi peluit) setiap kelompok akan memulai menghitung
benda-benda sesuai permintaan guru. Kelompok yang benar akan mendapat 1 poin.
Guru yang mencatat kelompok mana yang paling cepat selesai. Setelah itu guru
dapat memberikan soal dari semua bilangan 11 sampai dengan 20)
18.
Setelah permainan siswa menyelesaikan lembar tentang
bilangan 11 sampai dengan 20 lambang dan urutannya.
c. Kegiatan akhir ( 15 menit )
19.
Sebagai penutup siswa
diminta melakukan refleksi kegiatan dengan panduan guru.
20.
Siswa diminta memimpin doa.
H. Penilaian Pembelajaran:
Penilaian Sikap:
Observasi selama kegiatan (Lihat panduan penilaian sikap)
Penilaian Pengetahuan:
Tes tertulis (dari buku
teks)
1. Menyampaikan
ungkapan peminta tolong secara lisan
No
|
Kriteria
|
Predikdot
|
||||
Nama
|
Struktur kalimat dengan benar, lafal dan ejaan
tepat, dan pervaya diri dalam menyampaikan
|
Struktur kalimat dengan benar, lafal dan ejaan
tepat, namun kurang pervaya diri dalam menyampaikan
|
Struktur kalimat benar atau lafal dan ejaan kurang
tepat, dan kurang pervaya diri dalam menyampaikan
|
Belum mampu melakukan
|
||
1
|
Dayu
|
√
|
Kurang baik
|
|||
2
|
Udin
|
√
|
√
|
Baik
|
||
3
|
beni
|
√
|
√
|
√
|
Sangat baik
|
2.
Menentukan urutan lambang bilangan
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Predikdot
|
|||
Menyelesaikan LK dengan maksimum 1 kekeliruan
|
Menyelesaikan LK dengan 2-3 kekeliruan
|
Menyelesaikan LK dengan 4-5 kekeliruan
|
Tidak menyelesaikan LK atau selesai dengan lebih
dari 5 kekeliruan
|
|||
1
|
Dayu
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Sangat baik
|
2
|
Udin
|
√
|
√
|
√
|
Baik
|
|
3
|
beni
|
√
|
√
|
√
|
Baik
|
Guru Pamong
NIP.197004251991032002
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
NIP. 196803251991032010
|
Ciruas, 8 november 2017
Guru Praktikan
NIM: 2227142353
|
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP K13 TEMA 3 PB 5 SUBTEMA 1 KELAS 1"