PENGERTIAN NHT (Numbered Heads Together)

Numbered Heads Together (kepala bernomor)
Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk memengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Tipe ini dikembangkan oleh Kagen dalam M. Hosnan (2014:252) dengan melibatkan siswa dalam menelaah bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman serta terhadap isi pelajaran tersebut.
·      Langkah-langkah NHT
 Keterampilan yan dimaksud, antara lain berbagai tugas, aktif bertanya menghargai pendapat orang lain, mau mengerjakan ide atau pendapat, bekerja dalam kelompok dan sebagainya. Penerapan pembelajaran kelompok tipe NHT merujuk pada konsep Kagen pada tiga langkah berikut:
§  Pembentukan kelompok
§  Diskusi masalah
§  Tukar jawaban antar kelompok
Langkah-langkah tersebut kemudian dikembangkan oleh Ibrahim dalam M. Hosnan (2014:252), menjadi enam sebagai berikut:
§  Persiapan
Dalam tahap ini guru mempersiapkan rancangan peloajaran dengan Skenario Pembelajaran (SP), Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT
§  Pembentukan kelompok
Pembentukan kelompok disesuaikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Guru membagi para siswa menjjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-5 orang siswa. Guru memberi nomor kepada setiap siswa dalam kelompok dan nama kelompok yang berbeda. Kelompok yang dibentuk merupakan percampuran yang ditunjau dari latar belakang sosial, ras, suku, jenis kelamin, dan kemampuan belajar. Selain itu, dalam pembentukan kelompok digunakan nilai tes awal (pre-test), sebagai dasar dalam menentukan masing-masing kelompok.
§  Persiapan bahan/buku sebagai acuan
Dalam pembentukan kelompok, tiap kelompok harus memiliki buku paket atau panduan agar memudahkan siswa dalam menyelesaikan LKS atau masalah yang diberikan guru oleh guru.
§  Diskusi masalah
Dalam kerja kelompok, guru membagikan LKS kepada setiap siswa sebagai bahan yang akan dipelajari. Setiap siswa berfikir bersama untuk menggambarkan dan meyakinkan bahwa tiap orang mengetahui jawaban pertanyaan yang telah ada dalam LKS atau pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. Pertanyaan dapat bervarian, dari yang bersifat spesifik samapai yang bersifat umum.
§  Memanggil nomer anggota atau pemberian jawaban
Dalam tahap ini, guru menyebutkan satu nomer dan para siswa dari tiap kelompok dengan nomer yang sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban kepada siswa dikelas.
§  Memberi kesimpulan
Guru bersama siswa menyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan. (M. Hosnan, 2014:252).
       Number Head Together (NHT)
      Number Head Together (NHT) atau penomoran berfikir bersama adalah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk memengaruhi pola interaksi siswa dan sebgai alternative terhadap struktur kelas tradisional. Number Head Together (NHT), pertama kali dikembangkan oleh Spenser Kagen (1993) dalam Trianto (2009:82), untuk memelibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut.
           Dalam mengajukan pertanyaan kepada seluruh kelas, guru menggunakan struktur empat fase sebagai sintaks NHT:
§  Fase 1: Penomoran
Dalam fase ini, guru membagi siswa kedalam kelompok 3-5 orang dan kepada setiap anggota kelompok diberi nomor antara 1 sampai 5
§  Fase ke 2 mengajukan pertanyaan
Guru mengajukan sebuah pertanyaan kepada siswa pertanyaan dapat bervariasi. Pertanyaan dapat amat spesifik dan dalam bentuk kalimat Tanya. Misalnya “berapakah jumlah gigi orang dewasa?” atau membentuk arahan, misalnya “pastikan setiap orang mengetahui 5 buah ibu kota provinsi yang terletak dipulau Sumatra
§  Fase 3 : Berfikir bersama
Siswa menyatukan pendapatnya terhadap jawaban pertanyaan itu dan meyakinkan tiap anggota dalam timnya mengetahui jawaban tim.
§  Fase 4 : Menjawab
Guru memanggil suatu nomor tertentu, kemudian siswa yang nomornya sesuai mengacungkan tangannya dan mencoba untuk menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas.(Trianto, 2009:82).






Tag : info guru
0 Komentar untuk "PENGERTIAN NHT (Numbered Heads Together)"

Back To Top