Numbered Heads Together (kepala bernomor)
Pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu tipe
pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang
untuk memengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan
penguasaan akademik. Tipe ini dikembangkan oleh Kagen dalam M. Hosnan
(2014:252) dengan melibatkan siswa dalam menelaah bahan yang tercakup dalam
suatu pelajaran dan mengecek pemahaman serta terhadap isi pelajaran tersebut.
·
Langkah-langkah
NHT
Keterampilan yan dimaksud, antara lain
berbagai tugas, aktif bertanya menghargai pendapat orang lain, mau mengerjakan
ide atau pendapat, bekerja dalam kelompok dan sebagainya. Penerapan
pembelajaran kelompok tipe NHT merujuk pada konsep Kagen pada tiga langkah
berikut:
§ Pembentukan
kelompok
§ Diskusi
masalah
§ Tukar
jawaban antar kelompok
Langkah-langkah
tersebut kemudian dikembangkan oleh Ibrahim dalam M. Hosnan (2014:252), menjadi
enam sebagai berikut:
§ Persiapan
Dalam
tahap ini guru mempersiapkan rancangan peloajaran dengan Skenario Pembelajaran
(SP), Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif
tipe NHT
§ Pembentukan
kelompok
Pembentukan
kelompok disesuaikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Guru membagi
para siswa menjjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-5 orang siswa. Guru
memberi nomor kepada setiap siswa dalam kelompok dan nama kelompok yang
berbeda. Kelompok yang dibentuk merupakan percampuran yang ditunjau dari latar
belakang sosial, ras, suku, jenis kelamin, dan kemampuan belajar. Selain itu,
dalam pembentukan kelompok digunakan nilai tes awal (pre-test), sebagai
dasar dalam menentukan masing-masing kelompok.
§ Persiapan
bahan/buku sebagai acuan
Dalam
pembentukan kelompok, tiap kelompok harus memiliki buku paket atau panduan agar
memudahkan siswa dalam menyelesaikan LKS atau masalah yang diberikan guru oleh
guru.
§ Diskusi
masalah
Dalam
kerja kelompok, guru membagikan LKS kepada setiap siswa sebagai bahan yang akan
dipelajari. Setiap siswa berfikir bersama untuk menggambarkan dan meyakinkan
bahwa tiap orang mengetahui jawaban pertanyaan yang telah ada dalam LKS atau
pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. Pertanyaan dapat bervarian, dari
yang bersifat spesifik samapai yang bersifat umum.
§ Memanggil
nomer anggota atau pemberian jawaban
Dalam
tahap ini, guru menyebutkan satu nomer dan para siswa dari tiap kelompok dengan
nomer yang sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban kepada siswa dikelas.
§ Memberi
kesimpulan
Guru
bersama siswa menyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan
dengan materi yang disajikan. (M. Hosnan, 2014:252).
Number Head Together (NHT)
Number
Head Together (NHT) atau penomoran berfikir bersama
adalah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk memengaruhi
pola interaksi siswa dan sebgai alternative terhadap struktur kelas
tradisional. Number Head Together (NHT), pertama kali dikembangkan oleh
Spenser Kagen (1993) dalam Trianto (2009:82), untuk memelibatkan lebih banyak
siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek
pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut.
Dalam mengajukan pertanyaan kepada seluruh
kelas, guru menggunakan struktur empat fase sebagai sintaks NHT:
§ Fase
1: Penomoran
Dalam
fase ini, guru membagi siswa kedalam kelompok 3-5 orang dan kepada setiap
anggota kelompok diberi nomor antara 1 sampai 5
§ Fase
ke 2 mengajukan pertanyaan
Guru
mengajukan sebuah pertanyaan kepada siswa pertanyaan dapat bervariasi.
Pertanyaan dapat amat spesifik dan dalam bentuk kalimat Tanya. Misalnya
“berapakah jumlah gigi orang dewasa?” atau membentuk arahan, misalnya “pastikan
setiap orang mengetahui 5 buah ibu kota provinsi yang terletak dipulau Sumatra
§ Fase
3 : Berfikir bersama
Siswa
menyatukan pendapatnya terhadap jawaban pertanyaan itu dan meyakinkan tiap
anggota dalam timnya mengetahui jawaban tim.
§ Fase
4 : Menjawab
Guru
memanggil suatu nomor tertentu, kemudian siswa yang nomornya sesuai
mengacungkan tangannya dan mencoba untuk menjawab pertanyaan untuk seluruh
kelas.(Trianto, 2009:82).
Tag :
info guru
0 Komentar untuk "PENGERTIAN NHT (Numbered Heads Together)"