A.
Pendahuluan
Observasi adalah salah satu kegiatan akademik yang
pendting dilakukan terutama bagi mahasiswa calon Guru. Pada beberapa mata
kuliah di jurusan PGSD, mahasiswa ditugaskan untuk melakukan serangkaian
observasi baik ke Sekolah Dasar maupun ke lembaga-lembaga lain yang terkait
dengan dunia sekolah dasar. Observasi
pada mata kuliah pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia di kelas rendah ini
dikhususkan untuk mengkaji permasalahan-permasalahan yang ditemukan di SD kelas
rendah, terutama dalam proses pelaksanaan pembelajaran, mengkaji teori untuk mencari alternatif pemecahan
masalah yang ditemukan serta melakukan evaluasi dari proses pembelajaran yang
diamati.
B.
Tujuan
Observasi
Adapun kegiatan
observasi yang dilakukan oleh mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia di SD Kelas Rendah bertujuan sebagai berikut:
1.
Mengkaji permasalahan yang didapatkan pada mata pelajaran
bahasa Indonesia di SD kelas rendah
2.
Menjembatani
antara teori yang dikaji di kelas dengan kenyataan yang ditemukan dilapangan.
3.
Mendapatkan
informasi yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SD kelas
rendah
- Mendapatkan gambaran
pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia yang aktif dan kreatif di SD
kelas rendah
C.
Aturan
Observasi
Observasi yang dilakukan harus mengikuti aturan sebagai
berikut;
- Seluruh
mahasiswa wajib menggunakan seragam PGSD atau pakaian bebas yang sopan
dengan menggunakan almamater
- SD yang
dijadikan tempat observasi harus SD yang dikategorikan berkualitas, baik
dalam hal kualitas pembelajaran maupun kualitas secara umum, misalnya
telah terakreditasi atau terstandarisasi baik nasional maupun
internasional.
- Fokus observasi pada pelaksanaan
pembelajaran dan penilaian pembelajaran bahasa Indonesia dari awal sampai
akhir.
D.
Prosedur
Observasi
- Membuat surat izin observasi ke fakultas dan
disampaikan langsung ke SD yang akan diobservasi.
- Mengecek kesiapan SD yang akan di observasi, apakah
memberikan izin untuk dilaksanakan observasi, termasuk diantaranya meminta
copyan berkas perencanaan pembelajaran, seperti silabus dan RPP serta
berkenan didokumentasikan baik dalam bentuk foto maupun video.
- Membuat
jadwal observasi dengan pihak sekolah dan mengatur teknis observasi yang
akan dilakukan.
- Mengecek
alat dan media yang akan digunakan untuk observasi, terutama untuk
dokumentasi video dan foto serta alat tulis dan instrumen wawancara.
- Melaksanakan
observasi sesuai teknis yang telah diatur dan disepakati oleh pihak
sekolah.
- Melakukan
wawancara ke pihak sekolah.
- Menyampaikan
ucapan terima kasih setelah diperkenankan mengikuti observasi
- Membuat
laporan
E. Penutup
Observasi yang dilakukan oleh mahasiswa PGSD pada mata
kuliah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di SD Kelas Rendah merupakan
salah satu tagihan tugas untuk menyempurnakan pemahaman mahasiswa tentang
pembelajaran bahasa dan Sastra Indonesia di SD kelas rendah. Observasi
diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk menjembatani teori-teori yang
didapatkan mahasiswa di perkuliahan.
Lampiran 1. Format Laporan
Diketik dengan huruf times new roman, ukuran huruf 12, spasi 1,5
Sistematika laporan;
BAB I Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah (berisi fenomena pembelajaran
bahasa Indonesia yang diperoleh dalam observasi, masalah yang ditemukan yang
disertai bukti atau fakta yang didapatkan, alternatif solusi pemecahan masalah)
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat (Teoretis/untuk pengembangan ilmu dan Praktis/
untuk pihak-pihak yang terkait dalam observasi)
BAB II Kajian Teori
A. ..........................(diisi teori yang relevan
dengan masalah yang dikaji)
B. Hasil Observasi (dibuat dalam bentuk deskripsi mulai
dari observasi ke-1 sampai ke-3)
C. Pembahasan (Mengkaji antara masalah yang ditemukan
pada saat observasi yang dikaitkan dengan teori yang relevan)
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan (menjawab masalah yang ditentukan dalam
rumusan masalah)
B. Saran
Tag :
info guru
0 Komentar untuk "PANDUAN PELAKSANAAN OBSERVASI "